3 Kandidat Kapten Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022: 2 dari Persebaya!

Asad Arifin | 4 Februari 2022 15:21
Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kamboja pada laga matchday kedua Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala AFF U-23 2022 yang digelar di Kamboja, 14 sampai 26 Februari 2022 mendatang. Pelatih Shin Tae-yong belum menentukan siapa yang menjadi kapten Timnas Indonesia U-23.

Pemain yang layak menjadi kapten biasanya memiliki kemampuan teknik dan psikologis yang baik. Urusan teknik, semua pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 tentu sudah melalui tahapan seleksi ketat.

Pemain yang layak menggunakan ban kapten tentu harus memiliki sifat dasar sebagai pemimpin. Ketika berada di lapangan perannya bakal sentral untuk membantu menafsirkan instruksi pelatih ke rekan setim. Selain itu, dia juga harus punya pengalaman yang mumpuni.

Dengan target menjadi juara di Piala AFF U-23, maka sosok kapten akan punya peran vital. Setidaknya, ada tiga pemain yang bisa menjadi kandidat kapten Garuda Muda. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 3 halaman

Pratama Arhan

Selebrasi Pratama Arhan usai membobol gawang Timnas Timor Leste, Kamis (27/1/2022) (c) Dok.PSSI

Pratama Arhan bisa diberi kepercayaan sebagai kapten Timnas Indonesia U-23. Arhan merupakan pemain yang bisa menghubungkan lini belakang, tengah, dan depan.

Peran kapten bakal memaksimalkannya untuk memberikan masukan atau instruksi terhadap gaya permainan Timnas Indonesia U-23. Apalagi Arhan dikenal sebagai sosok yang dingin di lapangan.

Kepribadian itu bisa digunakannya untuk memimpin rekan-rekannya di lapangan. Menarik untuk melihat gaya Pratama Arhan bisa diberi amanah sebagai kapten oleh pelatih Shin Tae-yong.

2 dari 3 halaman

Rizky Ridho

Penampilan Rizky Ridho (kiri) saat bersama timnas Indonesia melawan Laos di Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Rizky Ridho bisa menjadi sosok alternatif sebagai kapten Timnas Indonesia U-23. Bermain sebagai bek tengah, posisinya sangat mendukung untuk memegang peran itu.

Rizky Ridho sejatinya pernah menjadi kapten Timnas Indonesia U-19. Kepemimpinannya terbukti ampuh menjalankan instruksi-instruksi dari Shin Tae-yong.

Selain itu, Rizky Ridho juga punya jika kepemimpinan yang baik. Sikap itu ditunjukkan Rizky Ridho saat bermain di lapangan, seperti berkomunikasi dengan sesama pemain.

3 dari 3 halaman

Rachmat Irianto

Jangkar Timnas Indonesia, Rachmat Iriyanto (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Kalau secara pengalaman, Rachmat Irianto tentu paling layak menjadi kapten Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 22 tahun itu pada awal musim ini dipercaya menjadi kapten Persebaya Surabaya.

Menjadi kapten tim yang dihuni pesepak bola senior dan asing tentu bukan perkara mudah. Apalagi usianya yang masih terbilang sangat muda.

Namun, pelatih Aji Santono pada kenyataannya memberikan kepercayaan itu pada Rachmat Irianto. Peran menjadi kapten pun berhasil dimaksimalkannya melalui kepemimpinan di lapangan.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Wiwig Prayugi, 4 Februari 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR