Piala AFF U-23: Siapa Saja Gelandang Timnas Indonesia U-23, Ada Marselino Ferdinan

Editor Bolanet | 4 Februari 2022 13:27
Marselino Ferdinand beraksi bersama Timnas Indonesia (c) Dok.PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memanggil tujuh gelandang tengah dalam persiapan Indonesia tampil di Piala AFF U-23 2022 bulan ini. Dua nama yang menyita perhatian adalah Marselino Ferdinan dan Beckham Putra.

Keduanya disebut-sebut sebagai gelandang serang muda paling menjanjikan di Indonesia. Untuk saat ini, performa Marselino lebih impresif ketimbang Beckham.

Di usianya yang baru menginjak 17 tahun, Marselino baru saja melakoni debut bersama timnas senior. Dia dimainkan ketika menang 4-1 atas Timor Leste dalam uji coba pada 27 Januari 2022.

Marselino juga menjadi tulang punggung Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022. Dia telah mencetak empat gol dan lima assists dalam 16 penampilan.

Sementara Beckham, kembali mendapatkan kepercayaan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 20 tahun itu juga menjalani musim yang cukup baik bersama Persib Bandung di BRI Liga 1.

Beckham bermain 15 kali untuk Persib. Saudara laki-laki dari Gian Zola itu juga menorehkan dua gol serta tiga assists.

Marselino dan Beckham adalah dua pemain dengan karakter yang mirip. Keduanya sama-sama berperan sebagai gelandang serang. Sukar rasanya buat Shin Tae-yong untuk memainkan keduanya secara berbarengan.

Selain Marselino dan Beckham, siapa lagi barisan para gelandang Timnas Indonesia U-23 untuk pemusatan latihan Piala AFF U-23?

1 dari 5 halaman

Rachmat Irianto

Jangkar Timnas Indonesia, Rachmat Iriyanto (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Rachmat Irianto menjadi pemain paling berpengalaman di Timnas Indonesia U-23. Dia telah mengenyam 17 penampilan untuk timnas senior.

Shin Tae-yong masih menyertai Irianto ke Timnas Indonesia U-23 karena usianya masih 22 tahun. Pemain Persebaya Surabaya itu jelas akan menjadi pilihan utama di pos gelandang bertahan.

2 dari 5 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Sama seperti Irianto, Syahrian Abimanyu adalah anggota tetap timnas senior. Namun, secara usia, pemain berusia 22 tahun ini masuk layak bermain untuk Timnas Indonesia U-23.

Namun, Abimanyu mulai kehilangan tempat utama di timnas senior. Sepanjang tahun lalu, ia kerap dibekap cedera. Kondisi itu membuat Abimanyu diragukan menjadi pemain inti di Timnas Indonesia U-23.

3 dari 5 halaman

Genta Alparedo

Genta Alparedo cukup sering dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23. Gelandang Arema FC itu juga punya catatan satu penampilan di timnas senior.

Alparedo baru saja bergabung dengan Arema FC dari klub Liga 2, Semen Padang. Berposisi sebagai gelandang serang, ia kemungkinan hanya akan sekadar menjadi pelapis di Timnas Indonesia U-23.

4 dari 5 halaman

Mohammad Kanu

Mohammad Kanu (c) PSSI

Mohammad Kanu adalah alumnus Timnas Indonesia U-19 pada 2020 ketika dipoles Shin Tae-yong. Gelandang berusia 20 tahun ini berperan sebagai gelandang bertahan.

Kanu harus bersaing dengan Rachmat Irianto sebagai tukang jagal. Sama seperti Genta Alparedo, pemain PSS Sleman ini diperkirakan hanya berstatus back-up di Timnas Indonesia U-23.

5 dari 5 halaman

Eka Febri

Nama Eka Febri terbilang baru di Timnas Indonesia U-23. Gelandang PSIS Semarang itu mencuat berkat penampilan baiknya di BRI Liga 1.

Eka Febri telah sepuluh kali tampil untuk PSIS dan mencetak satu gol. Ketatnya persaingan di pos gelandang bertahan membuat peluangnya untuk masuk skuad utama Timnas Indonesia U-23 kecil.

Disadur dari: Bola.com (M Adiyaksa/Wiwig P; 3/2/22)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR