FOLLOW US:


3 Kejutan yang Dilakukan Luis Milla dalam Seleksi Pemain Timnas Indonesia U-23

19-04-2018 15:49
3 Kejutan yang Dilakukan Luis Milla dalam Seleksi Pemain Timnas Indonesia U-23
Syahrian Abimanyu © Liga-Indonesia

Bola.net - Luis Milla telah memanggil 24 pemain untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Para pemain ini akan disiapkan untuk menjalani Anniversary Cup dan juga persiapan di Asian Games 2018.

Dalam daftar nama yang terpanggil, terdapat nama Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Lerby Eliandry (Borneo FC), dan Ilija Spasojevic (Bali United). Para pemain ini diharapkan untuk membimbing pemain muda di dalam skuatnya. Adapun, ketiga pemain tersebut merupakan andalan Timnas di level senior.

Milla memberi kejutan tatkala memanggil bek kiri PSMS Medan, Firza Andhika, untuk menggantikan Rachmat Irianto yang cedera. Dengan begitu, Ricky Fajrin yang sebelumnya menghuni pos tersebut, bakal digeser ke tengah untuk mendampingi Hansamu Yama.

Dua pemain Timnas Indonesia U-23 yang bermain di Selangor FA, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn tetap dibawa oleh Milla. Namun, arsitek asal Spanyol tersebut kembali menepikan gelandang menjanjikan Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu.

Timnas akan berhadapan dengan Bahrain, Korea Utara, dan Uzbekistan di Anniversary Cup. Turnamen ini terjadwal pada 27 April - 3 Mei 2018.

Masih banyak kejutan yang dilakukan Milla terhadap Timnas Indonesia U-23 untuk Anniversary Cup. Simak paparannya berkut ini:

Panggil Andritanya Ardhiyasa dan Lerby Eliandry

Andritany Ardhiyasa

Untuk menyesuaikan regulasi Asian Games 2018 yang memperbolehkan maksimal setiap tim membawa tiga pemain senior, Milla bakal memanfaatnya di Anniversary Cup. Tapi, pemanggilan Andritany dan Lerby menimbulkan tanda tanya.

Di posisi penjaga gawang, Milla telah punya dua kiper muda berkualitas dalam diri Awan Setho Raharjo dan Satria Tama. Membawa Andritany, yang juga diminta Persija untuk melawan Persib pada 28 April 2018, bakal melahirkan berbagai polemik.

Sejauh ini, Andritany telah kebobolan empat gol dari empat partai Persija di Liga 1. Padahal, catatan Awan Setho lebih baik dengan tiga kali kemasukkan.

Sejak jauh-jauh hari, Persija telah mengambil ancang-ancang menyurati PSSI terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut ingin tampil dengan kekuatan penuh melawan musuh bebuyutannya itu. Selain Andritany, Persija juga mewakilkan Rezaldi Hehanussa di Timnas Indonesia U-23.

Pemanggilan Lerby juga mengundang tanya. Selama membesut Timnas Indonesia U-23, Milla sangat jarang memainkan dua penyerang sekaligus.

Jadi, apa maksud dari Milla memanggil Lerby sementara Ilija Spasojevic telah menunci posisi juru gedor utama tim berjuluk Garuda Muda ini? Terlebih, striker Borneo FC tersebut juga masuk ke dalam kuota pemain senior. Memanggil pemain senior yang bervariasi rasanya lebih bijak dilakukan oleh eks arsitek Timnas Spanyol U-21 itu.

Tidak Ada Nama Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak dan Marko Simic

Slot pemain senior untuk Lerby tidak bakal mengundang pertanyaan apabila diberikan kepada Riko Simanjuntak. Winger berusia 26 tahun tersebut tengah naik daun di musim ini.

Sampai dengan pekan keempat Liga 1, Riko untuk sementara memuncaki dua predikat sekaligus. Pemain Persija Jakarta itu menjadi pemain terbanyak dalam menciptakan peluang dan melewati lawan. Jumlahnya masing-masing 12 dan 11 kali.

Keberadaan Riko di formasi 4-2-3-1 racikan Milla juga bakal menghadirkan duet maut di posisi sayap. Kepiawaian Riko menyisir pos kanan bakal diimbangi dengan liukan Febri Hariyadi di sisi kiri.

Tapi, keputusan Milla untuk tidak memberikan kesempatan kepada Riko bukan perkara benar atau salah. Milla disinyalir tidak mungkin untuk memanggil pemain debutan di Timnas Indonesia U-23 yang telah dipersiapkannya sejak lama untuk bertanding di Asian Games.

Tenaga Riko dapat dimanfaatkan oleh Milla pada turnamen berikutnya. Timnas Indonesia level senior bakal berpartisipasi di Piala AFF 2018, November mendatang.

Tinggalkan Yabes Roni dan Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu

Milla lagi-lagi tidak mengikutsertakan winger Bali United, Yabes Roni. Selain itu, nama Syahrian Abimanyu juga tersisih.

Yabes disinyalir belum kembali ke performa terbaiknya setelah sembuh dari cedera pinggang. Selain itu, Milla sepertinya juga lebih kepincut dengan kualitas Irfan Jaya dibanding pemain berusia 23 tahun tersebut.

Menyoal Abimanyu, gelandang berusia 18 tahun itu juga baru sekali memperkuat Sriwijaya FC di musim ini. Milla lebih memilih untuk memboyong kompatriotnya di klub, Zulfiandi.

Selain itu, Milla juga menepikan Kartika Ajie dan Ahmad Nur Hardianto yang dipanggilnya pada TC bulan lalu. Posisi kedua pemain itu diisi oleh Andritany Ardhiyasa dan Lerby Eliandry.

Para pemain yang terpanggil ke dalam Timnas Indonesia U-23 diharapkan sudah berkumpul pada 23 April untuk menjalani pemusatan latihan. Pemain yang membela tim di Piala AFC 2018, boleh bergabung sejak 25 April.

Sumber: Liputan6.com