5 Catatan Menarik Saat Indonesia Menang 3-2 Atas Curacao: Garuda Masih Belum Kalah di FIFA Matchday!

Abdi Rafi Akmal | 24 September 2022 23:22
Selebrasi Dimas Drajad usai menjebol gawang Curacao pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Ada lima catatan menarik di balik kemenangan timnas Indonesia pada pertemuan pertama melawan Curacao dalam FIFA Matchday. Indonesia menang tipis 3-2 atas Curacao pada laga yang berlangsung Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/9/2022) malam.

Tiga gol Timnas Indonesia masing-masing disumbang oleh Marc Klok (19’), Fachruddin Aryanto (23’), dan Dimas Drajad (56’). Sedangkan dua gol Curacao dicetak oleh Rangelo Janga (7’) dan Juninho Bacuna (25’).

Kemenangan bisa dikatakan mengejutkan. Sebab, Indonesia sejak sempat tidak diunggulkan lantaran jarak ranking FIFA antara kedua negara cukup jauh. Curacao berada di peringkat ke-84, lalu Indonesia berada di peringkat ke-155.

Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi menghadapi Curacao. Jika menang lagi atau terhindar dari kekalahan, Indonesia bisa saja memperbaiki ranking FIFA.

Lantas, lima catatan menarik apa yang terdapat dalam laga tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah, Bolaneters~

1 dari 5 halaman

1. Indonesia Tak Terkalahkan

Timnas Indonesia saat melawan Curacao di laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Timnas Indonesia tercatat sudah melakoni empat pertandingan internasional berlabel FIFA Match Day selama 2022. Hasilnya, skuat Garuda tak terkalahkan dengan memenangi tiga laga dan satu seri.

Tiga kemenangan ini itu didapat dengan unggul dua kali kontra Timor Leste dengan skor 4-1 dan 3-1 (27 dan 30 Januari 2022).

Terbaru, Timnas Indonesia menang 3-2 atas Curacao di laga ini. Sedangkan satu hasil seri didapat saat bermain 0-0 kontra Bangladesh (1/6/2022).

2 dari 5 halaman

2. Curacao Kalah 3=Tiga Kali

Kapten Timnas Curacao, Cuco Martina menjakani sesi konferensi pers jelang laga FIFA Match Day kontra Timnas Indonesia di Bandung, Jumat (23/06/2022). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Curacao meraih hasil pertandingan yang buruk selama tahun 2022. Total sudah empat pertandingan mereka jalani selama tahun ini, masing-masing tiga di Liga Nasional CONCACAF dan satu FIFA Matchday.

Mereka sempat kalah 0-1 dari Honduras (3/6/2022) yang kemudian dibalas dengan menang 2-1 melawan tim yang sama (6/6/2022).

Curacao lantas dibantai dengan skor 0-4 oleh Kanada (9/6/2022) sebelum takluk 2-3 dari Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

3. 50 Persen Kemenangan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pelatih Shin Tae-yong mencatatkan statistik kemenangan yang cukup apik sejak menangani Timnas Indonesia per 1 Januari 2020.

Total, dia membukukan 50 persen kemenangan selama menemani Tim Merah Putih dalam 24 laga di semua ajang.

Artinya, sebanyak 12 di antaranya berhasil dilewati dengan hasil kemenangan. Sedangkan 12 sisanya adalah masing-masing lima seri dan tujuh kalah.

4 dari 5 halaman

4. Statistik Identik Dimas Drajad dan Marc Klok

Selebrasi Marc Klok usai membobol gawang Curacao pada FIFA Match Day, 24 September 2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Gelandang Marc Klok dan striker Dimas Drajad sama-sama membukukan satu gol dalam pertandingan. Rupanya, masih ada catatan mirip lain yang ditorehkan oleh dua pemain tersebut.

Klok dan Dimas sama-sama mencatatkan penampilan kelima untuk Timnas Indonesia dalam laga ini. Menariknya, keduanya juga sama-sama mencetak gol kedua dalam lima pertandingan bersama skuat Garuda.

5 dari 5 halaman

5. Dua Assist Pratama Arhan

Skuat Timnas Indonesia merayakan gol Dimas Drajad ke gawang Curacao di laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Kredit khusus layak diberikan kepada Pratama Arhan yang mampu mencetak dua assist. Masing-masing lahir lewat lemparan ke dalam serta umpan terobosan yang menghasilkan gol kedua dan ketiga.

Pratama Arhan sendiri dikenal sebagai bek kiri yang piawai mengirimkan lemparan ke dalam jauh yang kerap menghasilkan gol.

Sebagai bek kiri, dia juga mampu membantu serangan lewat umpan silang atau umpan kunci untuk pemain depan.

Disadur dari Bola.com:
Penulis: Aditya Wany/Editor: Hendry Wibowo
Tanggal publikasi: 24 September 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR