FOLLOW US:


5 Pemain Usia 30-an yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

12-02-2020 11:18

 | Gia Yuda Pradana

5 Pemain Usia 30-an yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia
Stefano Lilipaly © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Shin Tae-yong melakukan penyegaran di Timnas Indonesia. Dia telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (training centre) 13-23 Februari 2020. Dari semua itu, hanya lima nama yang berusia 30-an.

Kelima pemain tersebut adalah Fachruddin Aryanto yang berusia 30 tahun, Rizky Rizaldi Pora (30), Stefano Lilipaly (30), Irfan Bachdim (31), dan Ilija Spasojevic (32).

Mayoritas pemain lainnya merupakan pemain dalam usia emas dan sebagian wajah muda. Bahkan, empat personel di antaranya dipromosikan dari level timnas U-19.

Keempat pemain itu adalah Muhammad Adi Satrio, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan Alif, dan Bali United, Irfan Jauhari.

Selera Shin Tae-yong begitu kontradiktif dengan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Simon McMenemy. Saat masih memegang tampuk kepemimpinan, pelatih Skotlandia itu terkesan senang memanggil pemain uzur.

1 dari 2

Beda dengan Pelatih Sebelumnya

Beda dengan Pelatih Sebelumnya
Simon McMenemy © Bola.com/Yoppy Renato

Simon kerap mengandalkan pemain-pemain tua seperti Alberto Goncalves yang berusia 39 tahun, Wawan Hendrawan (37), Otavio Dutra (36), Greg Nwokolo (34), hingga Ruben Sanadi (33), ketika Timnas Indonesia mengarungi lima pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Cukup ironis lantaran Skuat Garuda menelan kekalahan dalam seluruh laga tersebut.

Bahkan, Luis Milla Aspas, eks pelatih Timnas Indonesia dan U-23 yang begitu diidam-idamkan penggemar untuk kembali menangani timnas, juga menyukai pemain uzur. Nakhoda tim asal Spanyol itu pernah membawa Alberto Goncalves ketika berkiprah di Asian Games 2018.

Selain itu, Shin Tae-yong juga turut menyertakan deretan pemain Timnas Indonesia U-22 yang mengikuti Piala AFF dan SEA Games 2019. Beberapa di antaranya ialah Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan Muhammad Rafli.

Jadilah kini Timnas Indonesia diisi oleh pemain muda yang bertenaga. Tanggung jawab wajah-jawah senior sebagai pemikul terberat tanggung jawab, perlahan berkurang.

2 dari 2

Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Berusia 30 Tahun atau Lebih

Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Berusia 30 Tahun atau Lebih
Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong © Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan
  • Fachruddin Aryanto (Madura United) - 30 tahun
  • Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera) - 30 tahun
  • Stefano Lilipaly (Bali United) - 30 tahun
  • Irfan Bachdim (Bali United) - 31 tahun
  • Ilija Spasojevic (Bali United) - 32 Tahun.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Aning Jati

Published: 12 Februari 2020