5 Pemain yang Bakal Menjadi Motor Serangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Asad Arifin | 6 Desember 2021 14:04
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia punya skuad yang cukup bagus untuk bersaing di Piala AFF 2020. Paling tidak, ada lima pemain yang bisa menjadi motor serangan Skuad Garuda dari lini kedua alias sektor gelandang.

Shin Tae-yong membawa 30 pemain untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dari jumlah tersebut, terdapat 11 pemain yang berposisi sebagai gelandang dan winger atau pemain sayap.

Shin Tae-yong tentu membutuhkan pemain kreatif untuk membantu Timnas Indonesia mencetak gol dan meraih kemenangan. Apalagi Timnas Merah Putih tergabung di Grup B Piala AFF 2020 dan akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, serta Laos.

Lantas, siapa pemain Timnas Indonesia yang bisa menjadi teror bagi pertahanan lawan dari lini kedua? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Ricky Kambuaya

Aksi pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, dalam laga uji coba melawan Afghanistan pada Selasa (16/11/2021). (c) AP Photo

Ricky Kambuaya mampu mencuri perhatian Shin Tae-yong pada Play-off Piala Asia 2023. Sebagai gelandang serang, Ricky Kambuaya tampil gemilang menjadi motor serangan Timnas Indonesia.

Ricky Kambuaya tercatat sejauh ini sudah tampil sebanyak empat pertandingan untuk Timnas Indonesia. Selain itu, pemain Persebaya Surabaya tersebut juga sukses mencetak dua gol.

Penampilan apiknya itu pula yang membuat Ricky Kambuaya kembali dipanggil untuk skuat Piala AFF 2020. Menarik untuk menyaksikan penampilan Ricky Kambuaya bersama Timnas Indonesia nanti.

2 dari 5 halaman

Ezra Walian

Penyerang timnas Indonesia, Ezra Walian saat tampil melawan Antalyaspor di Turki. (c) PSSI

Ezra Walian sebenarnya bermain sebagai gelandang sayap kiri. Namun, Ezra juga bisa diandalkan menjadi penyerang.

Kemampuan mumpuni itu didapat karena Ezra memiliki naluri mencetak gol yang baik. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Ezra tercatat sudah mencetak satu gol.

Ezra bisa memiliki peran ganda pada Piala AFF 2020. Pemain Persib Bandung itu bisa diandalkan sebagai motor serangan atau pemecah kebuntuan.

3 dari 5 halaman

Evan Dimas

Aksi Evan Dimas saat berlaga di pertandingan antara Timnas Indonesia vs Timnas Taiwan di Buriram Stadium, Kamis (07/10/2021) malam WIB. (c) AFC

Evan Dimas merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bahkan menjadikannya sebagai kapten Timnas Indonesia.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dibayar tuntas oleh Evan Dimas. Dalam delapan pertandingan, Evan sukses mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia.

Kontribusi besar itulah yang membuat Shin Tae-yong sering menjadikan Evan Dimas sebagai starter di Timnas Indonesia. Evan tercatat sudah tampil sebanyak 618 menit di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Witan Sulaeman

Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, merayakan golnya ke gawang Antalyaspor, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Twitter PSSI

Kontribusi Witan Sulaeman di Timnas Indonesia tak perlu diragukan lagi. Witan sejauh ini menjadi pemain yang semakin berkembang di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Witan juga andal melakukan peran sebagai motor serangan. Kualitas individu yang dimilikinya sering membuat kerepotan barisan pertahanan lawan.

Pelatih Shin Tae-yong diyakini kembali akan mengandalkan Witan di sektor sayap di Piala AFF 2020. Selain itu, tembakan akuratnya juga dinanti untuk kembali menyumbang gol.

5 dari 5 halaman

Egy Maulana Vikri

Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (c) Bola.com/Yoppy Renato

Egy Maulana Vikri merupakan langganan Shin Tae-yong di posisi sayap kanan. Egy tercatat tampil mengesankan sehingga sering menjadi starter.

Egy tercatat sudah tujuh kali bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pemain Senica FK itu mengumpulkan 444 menit di Timnas Indonesia dan menyumbang satu gol.

Egy juga sudah menyumbang satu assist. Namun, pelatih Shin Tae-yong tentu menginginkan kontribusi lebih besar dari Egy terutama turut mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Hendry Wibowo, 5 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR