8 Pemain Baru yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Seperti Apa Performanya?

Asad Arifin | 19 Januari 2022 12:21
Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia pada agenda uji coba melawan Timor Leste pada 24 dan 27 Januari 2022 nanti. Dari 27 pemain yang dipanggil, delapan diantaranya adalah muka-muka baru.

Muka baru yang dimaksud adalah pemain yang tidak masuk dalam skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Salah satu wajah baru yang dipanggil adalah Marselino Ferdinan.

Marselino bermain sangat bagus untuk Persebaya Surabaya di BRI Liga 1. Pemanggilan ini tidak mengejutkan. Sebab, ketika memantau pertandingan Persebaya, Shin Tae-yong sempat berbicara secara personal dengan Marselino.

"Kemarin waktu tendangan bebas terakhir yang di pinggir, pelatih Timnas kasih tahu lain kali jangan begitu. Kamu masih muda, masih ada tipe egois, diingetin kayak gitu," kata Marselino.

Lantas, seperti apa performa delapan pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong ketika membela klubnya di BRI Liga 1 2021/2022? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 9 halaman

Muhammad Adi Satryo

Shin Tae-yong mencoret Mohammad Riyandi dan memilih Adi Satryo sebagai pengganti. Bagi Shin Tae-yong, Adi Satryo bukan nama yang asing. Sebab, dia pernah dipanggil ke Timnas U-19 dan senior.

Shin Tae-yong memainkan Adi Satryo pada laga uji coba melawan Oman, Mei 2021 lalu. Dia bermain pada babak kedua dan kebobolan dua gol.

Menariknya, Adi Satryo masih minim menit bermain di BRI Liga 1. Pada putaran pertama, saat membela PSS Sleman, dia tidak pernah dimainkan. Lalu, setelah pindah ke Persik Kediri, Adi Satryo mulai jadi pilihan utama.

2 dari 9 halaman

Achmad Figo

Pemanggilan Achmad Figo terhitung cukup mengejutkan. Tidak banyak yang memprediksi pemain Arema FC itu akan dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas. Apalagi, dia belum banyak tampil di BRI Liga 1.

Achmad Figo baru tiga kali bermain di BRI Liga 1. Selama ini, untuk posisi bek kanan, Achmad Figo masih kalah bersaing dengan Rizky Dwi dan Diego Michiels di Arema FC.

Tapi, ketika mendapat kesempatan bermain, Figo selalu tampil bagus untuk Singo Edan. Menarik untuk menantikan aksi Figo bersama Timnas Indonesia.

3 dari 9 halaman

Sani Rizki

Pelatih Bhayangkara Solo FC, Paul Munster (kanan) memberikan selamat pada Sani Rizky Fauzi dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (27/3/2021

Sani Rizki bisa memberi banyak opsi bagi Shin Tae-yong. Sebab, pemain 24 tahun itu bisa bermain sebagai bek kanan dan gelandang. Sani Rizki punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Dia telah memainkan 11 laga di BRI Liga 1.

Sani Rizki pernah jadi andalan Timnas Indonesia U-23 pada era Indra Sjafri. Dia adalah bagian dari skuad yang membawa Garuda Muda menjadi juara Piala AFF u-23 pada 2019 lalu.

4 dari 9 halaman

Bayu Fiqri

Bayu Fiqri akan menggantikan peran Asnawi Mangkualam untuk posisi bek kanan. Keputusan Shin Tae-yong untuk memanggul Bayu Fiqri sejatinya cukup mengejutkan.

Bayu Fiqri belum menjadi pilihan utama di Persib. Dia masih bersaing ketat dengan Henhen Herdiana dan Supardi Nasir. Tapi, Shin Tae-yong sudah pernah melatih Bayu Fiqri di Timnas U-19 dan tentu mengenalnya dengan baik.

5 dari 9 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinand merayakan golnya pada laga Arema FC vs Persebaya di pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bagaskara Lazuardi

Marselino mungkin menjadi pemain muda yang paling mendapat sorotan di BRI Liga 1. Setelah dipilih The Guardian sebagai salah satu pemain paling berbakat di dunia, Marselino menjadi pemain inti di Persebaya.

Marselino sudah dipantau Shin Tae-yong sejak lama dan pernah dipanggil untuk membela Timnas U-23. Beberapa waktu lalu, saat Shin Tae-yong menyaksikan aksi Persebaya di BRI Liga 1, Marselino mendapat bisikan khusus.

Marselino telah mencetak empat gol dan membuat lima assist untuk Perebaya di BRI Liga 1.

6 dari 9 halaman

Terens Puhiri

BRI Liga 1: Pemain Borneo FC, Terens Puhiri, berebut bola dengan pemain Persita Tangerang, Mohamad Edo (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Terens sejak lama menjadi pemain kunci Borneo FC. Tapi, persaingan ketat pada posisi winger membuatnya jarang mendapat panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Pada BRI Liga 1, Terens selalu jadi andalan Borneo FC. Pemain 25 tahun itu telah mencetak empat gol dan empat assist dari 20 laga yang dimainkan. Dia kini mendapat kesempatan dari Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

7 dari 9 halaman

Muhammad Rafli

Muhammad Rafli merayakan golnya pada laga Arema FC vs Persebaya di pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bagaskara Lazuardi

Rafli menggantikan peran rekan satu timnya di Arema FC, Kushedya Hari Yudo. Rafli menunjukkan performa yang cukup bagus bersama Singo Edan. Dia telah mencetak empat gol di BRI Liga 1.

Bersama Arema FC, Rafli tidak selalu dimainkan sebagai penyerang. Pemain 23 tahun itu memang punya keistimewaan mampu memainkan banyak peran di lini depan dan tengah.

Shin Tae-yong pernah memanggil Rafli ke Timnas Indonesia untuk laga uji coba melawan Persikabo 1973 pada Maret 2021. Kala itu, Rafli mencetak satu gol.

8 dari 9 halaman

Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Seperti Marselino, Ronaldo Kwateh juga baru berusia 17 tahun. Dia mampu menembus tim utama Madura United di BRI Liga 1, walau menit bermain yang didapat masih minim.

Ronaldo Kwateh belum pernah bermain penuh dari sembilan kesempatan tampil di BRI Liga 1. Belum ada gol yang dicetaknya. Tapi, pada usia yang sangat muda, menembus tim utama adalah capaian bagus.

Ronaldo mendapat perhatian Shin Tae-yong usai tampil bagus bersama Timnas Indonesia U-18 dalam uji coba di Turki. Ronaldo mencetak dua gol pada laga uji coba melawan Antalyaspor.

9 dari 9 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Muhammad Adi Satryo, Syahrul Trisna, Ernando Ari, Nadeo Argawinata

Belakang: Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Achmad Figo, Pratama Arhan, Moh Edo Febriansyah, Rizky Dwi Febrianto, Bayu Mohamad Fiqri

Gelandang: Sani Rizki, Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Yabes Roni, Terens Puhiri

Penyerang: Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Muhammad Rafli, Ronaldo Kwateh

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR