Lima Pemain Persebaya Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Permintaan Manajemen ke PSSI dan LIB

Dimas Ardi Prasetya | 18 Januari 2022 22:59
Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya akan kehilangan lima pemainnya dalam mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Pasalnya, ada lima pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi FIFA Matchday.

Lima pemain yang dimaksud adalah Ernando Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan. Kecuali Marselino, mereka sudah membela Timnas Indonesia sejak piala AFF 2020.

Manajemen Persebaya merespon pemanggilan tersebut. Melalui Sekretaris tim, Ram Surahman, tim Kota Pahlawan meminta ada penundaan laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022.

"Konsekuensinya kalau dipanggil lima, berarti kami berharap ada penundaan untuk laga tanggal 28," kata Ram Surahman kepada Bola.net, Selasa (18/01/2022).

Pada pekan ke-21 Persebaya akan berhadapan dengan PSS Sleman. Pertandingan akan berlangsung pada Jumat (28/01/2021) mendatang.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Federasi Harus Berkorban

Menurut Ram Surahman, klub sudah berkorban dengan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia. Karena itu, federasi maupun operator kompetisi harus juga berkorban dengan mengubah jadwal.

"Inti dari persoalan ini sebenarnya sederhana, kalau memang tidak bisa dibatasi jumlah pemain yang dipanggil timnas, maka konsekuensinya semua harus berkorban," tegasnya.

"Kami serahkan ke PSSI dan LIB ambil keputusan yang bijak, karena kehilangan lima pemain sangat berat bagi Persebaya," pria asal Benjeng, Gresik tersebut menambahkan.

2 dari 3 halaman

Aspirasi Klub Harus Didengar

Lebih lanjut, Ram mengatakan, federasi tidak perlu meragukan komitmen Persebaya untuk mendukung timnas. Hanya saja, dia ingin agar masukan dari klub bisa dipertimbangkan.

"Itu memang panggilan bangsa, harus nomor satu di atas segalanya. Cuma kan ini jangan sampai menjadi dalih, kemudian memaksakan kehendak," jelasnya.

"Harusnya ini aspirasi dari klub juga harus didengar, ini kayak berulang terus seperti itu," tegas mantan jurnalis olahraga tersebut.

3 dari 3 halaman

Jangan Dirugikan

Persebaya sudah membuktikan komitmennya saat melepas empat pemain ke Piala AFF 2020. Meskipun pada akhirnya tim Kota Pahlawan masih dirugikan dengan penundaan jadwal.

"Kalau komitmen untuk mendukung Timnas, Persebaya tidak perlu diragukan, kami pasti support dan sebanyak mungkin pemain kami kirim ke timnas kalau memang dibutuhkan," imbuh Aji.

"Tapi, ini juga pengorbanan klub harus diimbangi oleh PSSI sama LIB. Apa? Salah satunya jangan sampai klub juga dirugikan," tambahnya lagi.

"Karena kalau ini berkurang otomatis kualitas pertandingan dan kompetisi juga akan berkurang. Sekarang paling memungkinkan harus ada penundaan," tandas Ram Surahman.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR