8 Pemain dari Klub Luar Negeri Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Persiapan Piala AFF 2022

Asad Arifin | 23 November 2022 13:12
Jordi Amat dan Sandy Walsh telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Shin Tae-yong telah menetapkan daftar 28 pemain Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2022. Dari nama-nama yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia itu, ada delapan nama yang kini berkarier di luar negeri.

Dari delapan nama di Timnas Indonesia itu, dua di antaranya adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya baru resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022.

Sementara enam pemain lainnya di Timnas Indonesia ialah Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang bermain di Polandia hingga Elkan Baggott di Inggris.

Tiga nama sisanya adalah Asnawi Mangkualam yang berkiprah di Korea Selatan, Pratama Arhan di Jepang, dan Saddil Ramdani di Malaysia. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Proses Pergantian Federasi

Namun, PSSI harus lebih dulu mengurus perizinan dari klub Sandy Walsh dan Jordi Amat karena Piala AFF 2022 tidak masuk kalender FIFA.

Selain itu, PSSI juga perlu memproses administrasi alih status dan perpindahan asosiasi Sandy Walsh dari Belanda dan Jordi Amat dari Spanyol menjadi Indonesia ke FIFA.

Andai dua persoalan itu mampu dikebut PSSI, Sandy Walsh dan Jordi Amat dapat menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

2 dari 4 halaman

Persiapan di Bali dan Jakarta

Aksi Pratama Arhan pada laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (c) Bagaskara Lazuardi

Timnas Indonesia akan menggelar training center di Bali dan Jakarta pada 28 November-21 Desember 2022 sebelum bertanding di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam untuk Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 November 2022 hingga 18 Januari 2023.

Piala AFF 2022 bakal digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan format round robin. Setiap tim bermain dua kali di kandang dan dua kali tandang pada babak penyisihan.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain dari Klub Luar Negeri

Berikut daftar pemain yang membela klub luar negeri yang dipanggil Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022:

Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia)
Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)
Elkan Baggott (Gillingham FC, Inggris)
Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang)
Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan)
Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia)
Egy Maulana Vikri (Zlate Moravce, Polandia)
Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia)

4 dari 4 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia

  • Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,
  • Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah
  • Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani
  • Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 23 November 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR