Ada Jordi Amat, Melimpahnya Sektor Bek Tengah Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Richard Andreas | 1 Desember 2022 06:00
Ada Jordi Amat, Melimpahnya Sektor Bek Tengah Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi laga kedua lawan Curacao di FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (27/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia sudah bersiap untuk menatap gelaran Piala AFF 2022 yang akan bergulir 20 Desember mendatang. Skuad Garuda menggelar pemusatan latihan di Bali.

Dalam pemusatan latihan, Shin Tae-yong memanggil sebanyak 28 pemain. Kendati belum semua penggawa bisa bergabung dalam TC yang digelar sejak 28 November itu.

Dari komposisi skuad yang dipanggil Shin Tae-yong, lini belakang cukup mencuri perhatian. Terutama sektor bek tengah yang cukup melimpah karena dihuni banyak pemain berkualitas.

Timnas Indonesia kemungkinan tidak bisa diperkuat Elkan Baggott. Tapi, Skuad Garuda mendapat tambahan kekuatan setelah rampungnya proses naturalisasi Jordi Amat.

Berikut sederet pemain yang akan mengisi sektor bek tengah Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho saat bermain di SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Salah satu pemain yang selalu mendapat kepercayaan Shin Tae-yong adalah Fachruddin Aryanto. Dia juga dimainkan di berbagai ajang oleh pelatih Korea Selatan itu.

Ya, selain dipanggil untuk Piala AFF 2020 lalu, Fachruddin juga diandalkan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2021. Bek Manchester United itu hampir tak tergantikan di sektor bek tengah.

Selain kuat dalam mengawal jantung pertahanan Timnas Indonesia, Fachruddin bisa diandalkan dalam mencetak gol. Terutama dalam situasi sepak pojok karena punya postur yang cukup ideal.

2 dari 7 halaman

Rizky Ridho

Rizky Ridho

Aksi Rizky Ridho pada laga uji coba Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Jalak Harupat, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (c) M Iqbal Ichsan

Sama seperti Fachruddin, Rizky Ridho juga kerap mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengandalkannya di berbagai ajang.

Usia Rizky Ridho yang masih muda memungkinkannya untuk dimainkan di level yang lebih junior. Seperti SEA Games 2021 hingga kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Rizky Ridho telah menjadi andalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Tak heran, jika stopper Persebaya itu kembali diproyeksikan untuk turnamen tingkat Asia Tenggara tersebut.

3 dari 7 halaman

Muhammad Ferrari

Muhammad Ferrari

Selebrasi Muhammad Ferrari usai membobol gawang Moldova U-20, Selasa (1/11/2022) (c) Dok. PSSI

Tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferrari langsung naik kelas. Bek Persija Jakarta itu dipersiapkan untuk Piala AFF 2022.

Muhammad Ferrari juga telah merasakan pengalaman bermain dengan timnas senior. Tepatnya, ketika Skuad Garuda menjajal Curacao dalam laga persahabatan internasional.

Karena usianya masih 19 tahun, Ferrari akan menjadi bek masa depan Timnas Indonesia. Akan tetapi, dia harus bekerja keras untuk bisa menembus skuad utama Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

4 dari 7 halaman

Andy Setyo

Andy Setyo

Andy Setyo Nugroho (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Shin Tae-yong memasukkan nama Andy Setyo Nugroho dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Itu berkat penampilan apiknya bersama Persikabo 1973.

Andy Setyo sebelumnya sudah pernah dilirik Shin Tae-yong pada tahun 2021. Akan tetapi, meski masuk dalam daftar susunan pemain dalam uji coba kontra Oman, dia tidak diturunkan.

Andy Setyo sebenarnya sempat menjadi andalan Timnas Indonesia kelompok usia. Dia juga mempersembahkan gelar Piala AFF U-23 pada tahun 2019.

5 dari 7 halaman

Hansamu Yama

Hansamu Yama

Hansamu Yama (c) Bola.com/Aditya Wany

Hansamu Yama sebenarnya merupakan bek yang menjadi langganan Timnas Indonesia. Akan tetapi, di era Shin Tae-yong, dia tidak pernah mendapat kesempatan.

Tapi, kesempatan itu akhirnya datang jelang Piala AFF 2022. Nama Hansamu Yama masuk dalam daftar 28 pemain yang melakukan pemusatan latihan di Bali.

Soal kualitas, Hansamu Yama tak perlu diragukan. Dia juga punya pengalaman tampil di Piala AFF pada tahun 2016 dan 2018 di bawah asuhan Alfred Riedl dan Bima Sakti.

6 dari 7 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Elkan Baggott usai melawan Curacao pada laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Shin Tae-yong juga memasukkan nama Elkan Baggott dalam skuad untuk Piala AFF 2022. Namun, peluangnya untuk membela Timnas Indonesia sangat tipis.

Elkan Baggott tidak mendapat izin dari klubnya, Gillingham. Karena tenaganya masih dibutuhkan dan Piala AFF tidak masuk dalam agenda FIFA.

Shin Tae-yong sebenarnya sudah terbang ke London untuk meminta izin secara langsung. Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu belum mendapat kepastian.

7 dari 7 halaman

Jordi Amat

Jordi Amat

(c) AP Photo

Timnas Indonesia bisa bernafas lega meski ada kemungkinan tidak diperkuat Elkan Baggott di Piala AFF 2022. Pasalnya, Jordi Amat sudah bisa membela Skuad Garuda.

Setelah proses naturalisasinya rampung pada pertengahan November lalu, Jordi Amat sudah pindah federasi. Sehingga dia bisa bermain di Piala AFF 2022.

Namun, Jordi Amat terlambat bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. Sebab, dia masih harus bermain dengan Johor Darul Tazim.

(Mustopa Elabdy/Bola.net)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR