Beda dengan Thomas Doll, Pelatih Bali United Dukung Penuh Pemainnya Gabung Timnas Indonesia

Asad Arifin | 9 Desember 2022 12:45
Beda dengan Thomas Doll, Pelatih Bali United Dukung Penuh Pemainnya Gabung Timnas Indonesia
Ekspresi Stefano Cugurra Teco pada laga Persib Bandung vs Bali United di Piala Presiden 2022\r\n (c) Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memberi dukungan penuh pada dua pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Teco juga tidak masalah dengan training camp (TC) jangka panjang yang diterapkan Shin Tae-yong.

Belakangan, kebijakan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia menuai banyak kritik dari pelatih klub BRI Liga 1. Thomas Doll, pelatih Persija Jakarta, menjadi salah satu yang paling keras bersuara soal kebijakan Shin Tae-yong.

Teco mengatakan, dia justru tak mempermasalahkan hal ini meskipun Bali United harus kehilangan dua pilar utamanya, yakni Ilija Spasojevic dan Nadeo Argawinata yang memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya tidak ada masalah. Saya sudah tahu ketika para pemain dipanggil di timnas Indonesia, mereka harus fokus di sana," kata Stefano Cugurra, Kamis (8/12/2022). Yuk simak pernyataan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Minta Pemain Fokus Bela Negara

Pelatih yang pernah melatih Persija Jakarta itu mengatakan, setiap pesepak bola tentu memiliki harapan besar untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara melalui tim nasional.

Pasalnya, menurut Teco, tim nasional menjadi sarana tersendiri untuk bisa meraih prestasi di ajang internasional yang membanggakan. Saat ini, ada dua pemain Bali United yang dipanggil Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic dan Nadeo Argawinata.

"Mereka harus berlatih bersama tim pelatih timnas dan harus fokus untuk membantu negara. Saat para pemain dipanggil negara, saya tahu bahwa mereka harus memiliki prestasi (bersama timnas) juga," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Teco Tidak Kaget dengan TC Jangka Panjang

Teco Tidak Kaget dengan TC Jangka Panjang

Nadeo Argawinata. (c) PSSI Official Twitter

Sepertinya, Teco sudah memahami pola-pola persiapan skuad Merah Putih dalam menghadapi kejuaraan-kejuaraan internasional yang membutuhkan waktu lama.

Sebab, juru taktik asal Brasil ini telah menghabiskan banyak waktunya di Indonesia. Sebelum era Shin Tae-yong, pola-pola serupa juga sudah pernah digunakan pelatih timnas Indonesia sebelumnya.

"Saya sudah bertahun-tahun berkarier di Indonesia. Saya pikir, pemusatan latihan yang berlangsung lama ini sudah sering terjadi," ucapnya.

"Jadi, bukan hanya bersama Coach Shin Tae-yong saja, tetapi pelatih-pelatih sebelumnya juga (menggelar TC jangka panjang)," lanjutnya.

Disadur dari Bola.com: Radifa Arsa/Rizki Hidayat, 9 Desember 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR