Bukan Favorit Juara? Kata Pemain Laos, Timnas Indonesia Kuda Hitam Piala AFF 2020

Gia Yuda Pradana | 5 Desember 2021 16:30
Timnas Indonesia (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020. Saingannya adalah Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Sementara itu, Grup A dihuni oleh Thailand, Myanmar, Filipina, Timor Leste, serta tuan rumah Singapura.

Phoutthasay Khochalern mengindikasikan bahwa Timnas Indonesia bukan favorit juara. Menurut gelandang Laos tersebut, Skuad Merah Putih adalah tim kuda hitam yang berpotensi memberikan kejutan.

Meski tak memasukkan sebagai favorit juara, Timnas Indonesia dianggap Phoutthasay punya potensi menuju semifinal. Penilaian itu dilakukan setelah melihat persiapan tim asuhan Shin Tae-yong itu selama pemusatan latihan di Turki.

"Semua tim di Grup B sangat kuat, terutama juara bertahan Vietnam yang punya pemain berkualitas. Mereka juga sudah saling memahami," kata Phoutthasay Khochalern.

"Adapun Timnas Indonesia adalah kuda hitam karena telah menunjukkan potensi pada laga uji coba melawan Myanmar dan klub Turki. Sementara itu, di Grup A Thailand merupakan yang terbaik karena punya banyak pemain yang bermain untuk klub papan atas J-League," tegas Phoutthasay Khochalern.

Laos akan mengawali petualangan di Piala AFF 2020 pada laga perdana melawan Vietnam (6/12/2021). Setelah itu, Laos akan menghadapi Malaysia (9/12/2021), Timnas Indonesia (12/12/2021), dan Kamboja (15/12/2021).

1 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Laos?

Piala AFF - Ilustrasi Logo Timnas Laos (c) Bola.com/Adreanus Titus

Meskipun harus bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Timnas Indonesia, dan Kamboja, Laos tak ingin menyerah. Phoutthasay Khochalern menyebut Laos punya tim terbaik di Piala AFF 2020.

Apalagi, Laos kedatangan pemain berpengalaman merumput di Eropa, Billy Ketkeophomphone. Phoutthasay yakin peran Billy akan berguna untuk Laos.

"Pengalaman Billy bermain di Liga Prancis melawan pemain kelas dunia akan membantu Laos dan menumbuhkan kepercayaan diri. Saya sudah tidak sabar bisa bermain bersamanya," tegas Phoutthasay Khochalern.

2 dari 2 halaman

Indonesia Percaya Diri

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, percaya diri menatap Piala AFF 2020. Meskipun tak bisa menjanjikan gelar, Shin Tae-yong memberikan sugesti kepada pemainnya mengenai kualitas yang bisa membantu menjadi juara.

"Soal Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, itu belum dapat dipastikan. Namun, Timnas Indonesia akan bekerja keras dalam setiap pertandingan dengan berpikir kami adalah calon juara," ucap Shin Tae-yong.

"Target juara itu sebenarnya penting. Dalam setiap pertandingan, kami akan bekerja keras dan performa bisa meningkat. Ujungnya, kami bisa juara," tegasnya.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Rizki Hidayat

Published: 5 Desember 2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR