FOLLOW US:


Buntut Penangkapan Suporter di Malaysia, Pendukung Timnas Datangi PSSI Jatim

25-11-2019 18:03

 | Serafin Unus Pasi

Buntut Penangkapan Suporter di Malaysia, Pendukung Timnas Datangi PSSI Jatim
Koordinator Aksi Supporter, Tulus Budi © Bola.net/Mustopa El Abdy

Bola.net - Sejumlah elemen suporter tim nasional Indonesia yang berada di Jawa Timur mendatangi kantor Asprov PSSI Jawa Timur, Senin (25/11/2019). Mereka melakukan aksi solidaritas atas penangkapan tiga rekannya oleh Polisi Diraja Malaysia.

Suporter yang ditangkap diantaranya Andreas Setiawan, Ian Prada Pribowo dan Rifki Chorudin. Penangkapan tersebut merupakan buntut kericuhan pada laga timnas Indonesia vs Malaysia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu.

Menurut salah satu koordinator suporter, Tulus Budi, aksi itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap rekannya yang mendapat perlakuan tidak adil dari baik dari suporter maupun pemerintah Malaysia. Dengan tuduhan mengancam keamanan.

"Ada beberapa yang mengalami pukulan dan segala macam, terus ada yang barangnya diambil, baik hp, paspor dan segala macam, terus ada juga yang ditahan," ucap Tulus kepada awak media.

Para suporter juga ingin mendorong federasi agar proaktif memperjuangkan nasib rekannya yang mendapat perlakuan tidak adil. Mereka juga berharap peran serta pemerintah.

"Kami harapa ke depannya, dalam masalah sepak bola federasi lebih aktif melindungi suporternya, dan juga negara ini lebih aktif melindungi warganya," tegasnya.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Tuntut Rekannya Dibebaskan

Lebih lanjut, Tulus juga mendesak agar Pemerintah Malaysia membebaskan salah satu rekannya yang masih ditahan yakni Andreas Setiawan. Setelah sebelumnya dua suporter sudah dibebaskan.

"Kami harap Andre juga segera dibebaskan," pinta suporter yang merupakan bagian dari Bonek Mania tersebut.

Sementara aksi di depan Asprov Jatim diikuti sejumlah kelompok suporter timnas Indonesia, seperti Ultras Garuda baik Surabaya maupun Jawa Timur. Termasuk suporter lokal seperti K-Conk Mania dan Bonek Mania.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)