Cerita Robi Darwis dalam Pengalaman Bela Timnas Indonesia U-20

Richard Andreas | 23 September 2022 06:15
Aksi Robi Darwis pada laga melawan Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Robi Darwis jadi salah satu pemain Timnas Indonesia U-20 yang tampil menonjol di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ia mengaku bersyukur bisa mendapatkan kesempatan bermain tersebut.

Faktanya,kesempatan tersebut menjadi pengalaman pertama bagi Robi Darwis membela Timnas Indonesia U-20 di bawah besutan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

"Bersyukur saat di AFC dapat kesempatan untuk bermain dan tentunya Alhamdulillah juga dapat kepercayaan dari coach Shin Tae-yong. Itu modal yang baik buat saya untuk jadi lebih baik," ujar Robi Darwis usai latihan bersama Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (22/9/2022).

Kiprah Robi Darwis bersama Timnas Indonesia U-20 cukup apik. Yaitu ikut berhasil mengantarkan tim Merah-putih lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dengan menyapu bersih tiga kemenangan, termasuk mengandaskan perlawanan Vietnam di partai terakhir.

1 dari 3 halaman

Lebih Baik

Pemain jebolan Diklat Persib Cimahi ini berharap kariernya sebagai pesepak bola bisa jauh lebih baik setelah dipercaya memperkuat Timnas Indonesia.

"Target saya pribadi tentu harus lebih baik lagi. Kemarin dapat menit bermain di Timnas menambah kepercayaan diri saya pribadi untuk jauh lebih baik lagi dan bisa meningkatkan performa pribadi saya," cetus Robi Darwis

Robi mengaku selama memperkuat Timnas Indonesia beberapa kali ditempatkan di posisi yang berbeda, walau demikian ia menegaskan tidak terlalu kesulitan lantaran sebelum memperkuat Timnas dan Persib pernah mencoba beberapa posisi.

"Jadi adaptasinya tidak terlalu lama dan tidak terlalu sulit karena sebelumnya saya juga pernah dicoba di beberapa posisi," tutur pemain bernomor punggung 6 di Persib ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Jadi Andalan di Persib

Robi sendiri baru bergabung latihan bersama Persib usai memperkuat Timnas Indonesia U-20. Kehadiran Robi ini tentu menambah pilihan bagi Luis Milla untuk persiapan lawan Persija Jakarta, 2 Oktobert 2022 nanti.

"Alhamdulillah sudah bisa kembali lagi latihan bersama tim meskipun istirahatnya sebentar banget cuman satu hari di rumah dan kembali ke sini latihan. Tapi ini pekerjaan saya dan disyukuri saja," seloroh Robi.

Bagi Robi Darwis tentu kali pertamanya mendapat pelatihan dari Luis Milla, sebab Robert Alberts mundur disaat Robi masih memperkuat Timnas Indonesia.

Karena itu, pemain kelahiran Cianjur, 2 Agustus 2003 ini merasa perbedaan gaya latihan yang diterapkan Robert Alberts dan Luis Milla.

"Pasti ada perbedaan banget dari coach Robert dan coach Luis Milla, dengan taktik, aura latihan juga lebih enjoy, dan lebih berbeda," cetus Robi.

3 dari 3 halaman

Semua Pelatih Sama

Namun ketika disinggung antara Shin Tae-yong dan Luis Milla, Robi menyebutkan semuanya tergantung kepada masing-masing pribadi pemain bagaimana menjalani program yang diberikan oleh sang pelatih.

"Sebenarnya kalau latihan bagaimana pribadi kita yang menjalaninya, mau sama coach Shin Tae-yong atau Luis Milla, kalau kita jalaninya tidak sesuai kata pelatih ya sama saja bohong," seloroh Robi.

"Saya pribadi mau dikasih materi latihan seberat apapun ya harus dijalani karena ini pekerjaan saya sendiri sebagai pemain sepak bola," tambah Robi sambil mengakhiri.

Disadur dari: Bola.com (Erwin Snaz/Aryo Atmaja), 22 September 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR