Fakta Piala AFF 2020: Hanya Timnas Indonesia yang Bisa Bobol Gawang Thailand Dua Kali dalam Satu Laga

Serafin Unus Pasi | 1 Januari 2022 22:34
Aksi gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, pada leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022) malam WIB (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia boleh kalah di Final Piala AFF 2020 dari Thailand. Namun Skuat Garuda menunjukkan catatan yang patut dibanggakan di laga ini.

Timnas Indonesia akhirnya bisa mencetak gol atas Thailand. Gol pertama Tim Garuda atas Thailand tercipta di babak pertama laga leg kedua final Piala AFF 2020 pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Laga sendiri berakhir dengan skor 2-2 dan artinya Thailand menjadi juara Piala AFF 2020 dengan agregat cukup telak 6-2. Pada leg pertama, Timnas Indonesia memang kalah 0-4.

Gol pertama Indonesia atas Thailand itu dicetak oleh gelandang Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya. Gelandang pemilik nomor punggung 15 itu mencetak gol setelah mendapatkan umpan dari sesama pemain asal Pulau Papua, Ramai Rumakiek.

Gol itu tercipta pada menit kedelapan. Kambuaya mencetak gol melalui tendangan dari luar kotak penalti. Kiper Thailand, Siwarak Tedsungnoen yang tertutup pandangannya terkecoh oleh tendangan itu.

Tangkapan Siwarak Tedsungnoen tidak sempurna. Bola sempat membentur tiang gawang bagian kiri sebelum masuk ke dalam gawang Thailand.

1 dari 2 halaman

Gol Pertama Kambuaya di Piala AFF 2020

Gol melawan Thailand itu adalah gol pertama Kambuaya di ajang Piala AFF 2020. Gol itu memang sangat layak untuk Kambuaya.

Pemain yang baru berusia 24 tahun ini jadi salah satu pemain yang tak tergantikan di skuad asuhan Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020. Di ajang tersebut, ia selalu dimainkan dari babak fase grup hingga babak final.

Ricky Kambuaya sendiri memiliki karakter yang menarik. Sebagai gelandang serang, ia tidak terlalu memiliki kecepatan. Namun, penempatan posisi dan umpan-umpannya sangat bagus.

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia Buat Thailand Kebobolan 2 Gol

Laga final leg kedua Piala AFF 2020 itu sendiri berakhir imbang 2-2. Gol kedua Indonesia di laga itu dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-80.

Meski berakhir imbang 2-2, Thailand berhak menjadi juara di ajang Piala AFF 2020. Sebab, di leg pertama lalu mereka menang dengan skor telak 4-0.

Ini adalah kali pertama Thailand kebobolan dua gol dalam satu laga di ajang Piala AFF 2020. Satu-satunya laga di mana skuad asuhan Alexandre Polking kebobolan adalah saat mereka menang 2-1 atas Filipina di babak grup yang lalu.

Sumber: Bola.com/Bayu Satio, Hendry Wibowo, Diunggah 1 Januari 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR