FOLLOW US:


Final Piala AFF 2016 Jadi Final Kelima Timnas Indonesia

08-12-2016 12:53
Final Piala AFF 2016 Jadi Final Kelima Timnas Indonesia
Selebrasi pemain Indonesia. © AFF

Bola.net - Timnas Indonesia sukses melangkah ke partai puncak Piala AFF 2016. Kesuksesan melangkah ke final di kompetisi terbesar negara-negara Asia Tenggara ini menjadi yang kelima bagi Skuat Garuda.

Indonesia sukses mengantongi satu tiket ke partai final setelah di leg kedua semifinal menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2. Hasil imbang ini membuat Indonesia berhak lolos karena di leg pertama menang dengan skor 2-1. Total, Indonesia mencatat skor agregat 4-3.

Kesuksesan tersebut membuat Indonesia kini tercatat sudah lima kali menembus final dalam sejarah turnamen. Sebelumnya, Indonesia sudah pernah ke final pada turnamen tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010. Sayangnya, Indonesia tak pernah keluar sebagai pemenang pada periode itu.

Catatan milik Indonesia ini sendiri lebih baik dari miliki Malaysia yang baru tiga kali menembus final, dan Vietnam yang tercatat baru dua kali ke partai final. Sedangkan tim yang paling banyak bermain di final adalah Thailand dengan tujuh kali bermain di partai puncak dan memenangkan empat final di antaranya.

Nah, kesempatan ini jelas menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengakhiri catatan sebagai tim spesialis runner up di kompetisi Piala AFF. Indonesia sendiri masih menanti lawan di partai final karena Thailand dan Myanmar masih akan bertemu di semifinal leg kedua, Kamis (8/12) hari ini.