FOLLOW US:


Garuda Select Angkatan Kedua Membuat Pemain Muda Lebih Kuat dalam Bertahan

23-02-2020 18:38

 | Dimas Ardi Prasetya

Garuda Select Angkatan Kedua Membuat Pemain Muda Lebih Kuat dalam Bertahan
Rizky Sudirman © Fitri Apriani

Bola.net - Lini belakang kerap jadi penentu hasil pertandingan dalam sepak bola. Bila pertahanan keropos, kemungkinan menelan kekalahan akan lebih besar.

Di Indonesia, persoalan lemahnya koordinasi dan konsentrasi pemain di lini belakang sering menjadi sumber masalah. Tidak hanya di level klub, tetapi juga Timnas Indonesia, baik kelompok umur maupun senior.

Tapi jangan tanya soal kemampuan menyerang, terutama akselerasi dari sektor sayap. Indonesia punya begitu banyak penyerang cepat. Hal itu sering memberi kewaspadaan tersendiri dari tim lawan.

Namun sekali lagi pertahanan sering memegang peran penting. Oleh sebab itu, tidak salah bila skuat Garuda Select generasi kedua yang sekarang sedang berlatih dan beruji coba di Inggris, lebih banyak menerima menu strategi bertahan.

Hal itu seperti dikatakan Rizky Sudirman, kiper Garuda Select. Ia bisa berkomentar kalau tim pelatih Garuda Select lebih berat membenahi pertahanan karena menjadi salah satu pemain dari angkatan pertama Garuda Select yang sekarang ikut lagi.

"Saya melihat itu dari metode latihannya. Kalau sekarang lebih fokus banget ke defense," ujar Rizky di Conference Aston, Birmingham, Inggris.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Nyaman

Menurut kiper milik Persija Jakarta ini, metode latihan Garuda Select di angkatan kedua membuatnya lebih nyaman. Sangat menunjang posisinya sebagai kiper.

"Saya juga dituntut harus komunikasi dengan pemain belakang. Biar lebih kompak lagi," tutur Rizky.

Mengenai trik apa yang diberikan tim pelatih dalam membangun komunikasi dengan rekan-rekan di lini belakang, Rizky mengaku ada banyak hal yang diberikan.

"Pelatih kiper pasti memberi tahu kalau bola ke mana, kita harus bergerak atau geser ke mana. Harus memberi tahu pemain belakangnya," imbuhnya.

Sementara itu pada 25 Februari mendatang, Garuda Select akan berlatih tanding melawan Preston North End U-18. Duel tersebut bisa disaksikan di sini.

(Bola.net/Fitri Apriani)