FOLLOW US:


Pemain Garuda Select Punya Modal Besar Bersaing Masuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

23-02-2020 18:04

 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Garuda Select Punya Modal Besar Bersaing Masuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20
Danny Holmes © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Program Garuda Select hasil kerja sama antara PSSI dengan Mola TV sudah masuk angkatan kedua. Program akselerasi kemampuan pemain muda nasional ini pertama kali dibuat pada 2018.

Para pemain Garuda Select ini bisa menjadi pemasok terbaik untuk Timnas Indonesia kelompok umur. Satu di antaranya ialah Timnas Indonesia U-19 yang pada tahun ini akan menghadapi dua ajang penting yaitu Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19.

Agenda lebih bergengsi lainnya adalah Piala Dunia U-20 2021. Jadi para pemain U-19 tahun ini, akan naik kelas ke U-20 tahun depan. Dan, usia para pemain Garuda Select sekarang ini beberapa layak menjadi tulang punggung.

Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes mengatakan, Piala Dunia U-20 2021 akan menjadi tantangan sulit buat para pemain Indonesia. Pasalnya, mereka akan menghadapi kumpulan pemain terbaik dari seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu, para pemain muda yang akan membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 harus memiliki persiapan matang. Tidak hanya beberapa bulan saja.

"Saya melihat para pemain di Garuda Select ini memperlihatkan perkembangan yang mengagumkan. Saya pribadi tidak sabar ingin melihat para pemain di Garuda Select saat Piala Dunia U-20 nanti. Semoga mereka benar-benar siap dan memperlihatkan kemampuan terbaik," ujar Holmes, di Oak Park Activity Living, Walsall, Inggris, Sabtu (20/2/2020).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Program Latihan Ala FA

Lebih lanjut, Danny mengatakan semua materi latihan di Garuda Select diproyeksikan agar pemain bisa bersaing di kancah internasional. Contohnya program latihan mengikuti standar yang dimiliki The FA, Federasi Sepak Bola Inggris.

"Semua materi yang diberikan di sini bertujuan untuk mengasah mereka dalam menghadapi kompetisi yang sebenarnya," imbuh Holmes.

Program Garuda Select ini diisi dengan latihan dan pertandingan tiap pekannya. Garuda Select dikepalai Dennis Wise sebagai Direktur Teknik, sedangkan pelatih kepala dipegang Des Walker.

Garuda Select angkatan kedua sudah berlatih dan bermain di Inggris sejak Oktober 2019. Periode angkatan kedua akan habis pada April 2020.

Agenda terdekat Garuda Select ialah beruji coba melawan Preston North End U-18 pada 25 Februari mendatang. Partai ini bisa disaksikan di sini.

(Bola.net/Fitri Apriani)