FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam: Skor 1-2

01-12-2019 20:55

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam: Skor 1-2
Timnas Indonesia U-22 © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam di laga ketiga Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (01/12/2019).

Pertandingan ini berlangsung dengan tempo sedang. Namun laga berlangsung cukup menegangkan dan intens, khususnya di babak kedua.

Gol Timnas Indonesia U-22 dicetak oleh Sani Rizki. Sementara gol Vietnam dihasilkan oleh Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc.

Babak Pertama

Vietnam mengawali laga babak pertama dengan berusaha untuk mengatur tempo permainan. Mereka berusaha menekan namun melakukannya secara sabar dan menggulirkan bola dari belakang ke depan.

Indonesia pun lebih banyak ditekan setelah laga berjalan lebih dari 15 menit. Skuat asuhan Indra Sjafri ini sendiri juga berusaha sesekali menyerang melalui serangan balik.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil manis pada menit ke-23. Kiper Vietnam melakukan blunder saat berusaha mengamankan bola crossing Asnawi dari kanan. Bukannya menepis bola keluar, ia malah berusaha menangkapnya.

Bola akhirnya lepas dari tangannya. Sani Rizki langsung meyambar bola muntah itu dengan tandukannya. Gol! 1-0.

Semenit kemudian, Vietnam langsung bisa menyamakan kedudukan melalui serangan yang tersusun rapi. Namun untungnya gol Dong Hung Dung itu dianulir wasit. Diduga ada pelanggara handball sebelum tercuiptanya gol tersebut.

Pada menit ke-29, Indonesia mendapat peluang melalui serangan balik. Dari sayap kiri, Dodi bisa mengirim umpan silang ke kotak penalti dan disambut tandukan Milla. Sayang bola justru meleas melayang ke samping kanan kotak penalti Vietnam.

Pada menit ke-37, Vietnam menggebrak. Tendangan Tien Linh dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kiri gawang Merah Putih. Namun dengan sigap Nadeo bisa menghalaunya.

Vienam terus berusaha menggebrak pertahanan Indonesia. Namun sampai laga berakhir, mereka tak bisa menjebol gawang Timnas Indonesia U-22. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Sani Rizki dkk.

1 dari 2

Babak Kedua

Di babak kedua, Vietnam tampil lebih agresif. Mereka berusaha menyerang dari berbagai sisi. Alhasil, skuat Timnas Indonesia U-22 pun lebih banyak dipaksa bertahan.

Sayangnya, usaha Vietnam akhirnya bisa membuahkan hasil. Pada menit ke-64, mereka sukses menyamakan skor menjadi 1-1. Mereka berhasil menjebol gawang Nadeo melalui sundulan Thanh Chung, memanfaatkan bola sepak pojok dari sisi kanan gawang Indonesia.

Indonesia akhirnya berusaha bangkit dan tak bermain bertahan. Indra Sjafri juga berusaha mengganti taktik dengan memasukkan Egy Maulana dan menarik keluar Milla. Pertandingan pun akhirnya berjalan dengan menegangkan dan lebih intens.

Namun Indonesia masih kesulitan merangkai serangan yang bisa membahayakan pertahanan Vietnam. Di sisi lain sang lawan sempat mendapat peluang pada menit ke-78. Tendangan keras salah satu pemain dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Untung dengan sigap Nadeo bisa menghalaunya.

Sayangnya, pada menit ke-92, Indonesia gagal membendung serangan Vietnam. Tendangan keras Huang Duc dari jarak jauh bisa menjebol gawang Nadeo. Bola tendangan dari jarak sekitar 25 meter menembus masuk pojok kiri atas gawang Merah Putih. 1-2.

Semenit kemudian Vietnam nyaris mencetak gol lagi melalui serangan balik. Untungnya eksekusi salah satu penyerang Vietnam masih melambung meski Nadeo sudah salah langkah.

Timnas Indonesia U-22 berusaha untuk bisa membalas gol tersebut. Namun karena keterbatasan waktu, mereka tak bisa menjebol gawang Vietnam. Laga pun berakhir dengan skor 1-2.

2 dari 2

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Dodi Djin; Sani Rizki Fauzi, Zulfiandi, Rachmat Irianto; Irkham Zahrul Milla, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Vietnam: Bui Tien Dung; Do Thank Thinh, Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Quang Hai; Nguyen Tien Linh.