FOLLOW US:


Indonesia Gebuk Brunei Delapan Gol Tanpa Balas

13-09-2017 17:23
Indonesia Gebuk Brunei Delapan Gol Tanpa Balas
© AFP

Bola.net - Timnas Indonesia sukses memenuhi target untuk meraih kemenangan besar di laga terakhir Grup B Piala AFF U-18, Rabu (13/9) sore. Berjumpa Brunei di Thuwunna Stadium, Indonesia menang dengan skor 8-0.

Kemenangan ini membuat kans Indonesia untuk lolos ke babak semifinal sangat terbuka. Namun, Rachmat Irianto dan kolega harus menunggu hasil laga antara Myanmar melawan Vietnam yang digelar setelah laga ini.

Indonesia tidak butuh waktu lama untuk langsung mencetak gol. Laga baru berjalan 43 detik, Rafli Nursalim sudah mencetak gol usai memanfaatkan kesalahan di lini belakang Brunei. Rafli pun menjadi bintang di babak pertama ini.

Pemain dengan nomor punggung 9 tersebut mencetak hattrick pada babak pertama. Dua gol lain yang dicetak oleh Rafli terjadi pada menit ke 41 dan 45+2.

Selain Rafli, Egy Maulana juga tampil bagus sebagai juru gedor andalan pelatih Indra Sjafri. Egy mencetak dua gol masing-masing pada menit ke-18 dan 22.

Babak pertama, dominasi permainan mutlak dikuasai oleh Indonesia. Garuda Nusantara menutup interval 45 menit pertama ini dengan keunggulan enam gol tanpa balas. Adalah Witan Sulaeman yang mencetak gol indah pada menit 41 yang menggenapkan keunggulan Indonesia menjadi 6-0.

Tekanan Indonesia tidak mengendur pada babak kedua. Saddil Ramdani dimasukkan untuk menggantikan Feby Eka Putra. Pemain asal klub Persela Lamongan ini mendapat peluang pada menit ke-56 tapi masih belum tepat sasaran.

Witan menambah gol kedua pada menit ke-65 dari sundulan kepalanya usai menyambut sepak pojok. Hanya berselang dua menit, giliran Hanis Saghara yang mencetak gol. Indonesia pun unggul 8-0 dan Brunei nampak tidak berdaya.

Indonesia terus mengurung pertahanan Brunei di sisa pertandingan. Tapi, tidak ada gol tambahan yang mampu diciptakan. Padahal, Witan, Saghara dan Egy silih berganti mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol.

Susunan Pemain:
Indonesia [4-1-3-1-1]: Aqil Savik; Dedi Tri, Rachmat Irianto, Kadek Raditya, Samuel ; Muhammad Lutfi; Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Feby Eka Putra; Egy Maulana; Rafli Nursalim

Brunei Darussalam [4-4-2]: Hakim; Abdul Ghani, Wadud Ramli, Safiwan Jaini, Wafi Aminuddin; Norsamri, Farhan, Abdul Mateen, Danish Aslam, Hariz Herman; Azirul Asmadi Aji.
(bola/asa)