FOLLOW US:


Irfan Bachdim cs Kembali ke Timnas Indonesia, Ini Kata Asisten Pelatih Timnas

22-05-2019 22:54

 | Irfan Bachdim

Irfan Bachdim cs Kembali ke Timnas Indonesia, Ini Kata Asisten Pelatih Timnas
Irfan Bachdim © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Joko Susilo angkat bicara soal masuknya nama-nama macam Irfan Bachdim, Ramdani Lestaluhu, dan Ricardo Salampessy ke Timnas Indonesia. Asisten Pelatih Timnas Indonesia ini menyebut bahwa pintu Skuat Garuda -julukan Timnas Indonesia- selalu terbuka bagi siapa pun.

"Memang ada pemain-pemain baru yang dipanggil. Timnas Indonesia selalu terbuka untuk seluruh pemain Indonesia," ujar Joko Susilo, pada Bola.net.

"Tidak ada kata tertutup bagi mereka. Semua memiliki kesempatan masuk ke Timnas Indonesia. Pun demikian, semua juga bisa diganti," sambungnya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia memanggil 25 pemain untuk bergabung dengan agenda TC dan dua laga uji coba, kontra Yordania dan Vanuatu. Yang menarik, dari daftar 25 pemain tersebut ada nama pemain-pemain yang sempat beberapa waktu absen dari Timnas Indonesia semacam Irfan Bachdim, Ricardo Salampessy, Ramdani Lestaluhu, dan Achmad Jufriyanto.

Para pemain ini akan menjalani TC yang akan dihelat di Cikarang mulai 30 Mei mendatang. TC ini akan digelar sampai 5 Juni.

"Kemudian, pada 6 Juni, kami akan berangkat ke Yordania untuk menjalani pertandingan pada 11 Juni," kata Joko.

"Setelah pertandingan, kami segera kembali ke Tanah Air untuk menyiapkan diri menghadapi pertandingan lawan Vanuatu, yang akan digelar pada 15 Juni," imbuhnya.

Bagaimana cara pelatih Timnas Indonesia menyusun komposisi pemain timnya? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Pantau Kompetisi

Sementara itu, Joko Susilo menyebut bahwa tim pelatih Timnas Indonesia memiliki cara untuk menyusun komposisi pemain mereka. Salah satunya, menurut pelatih berusia 48 tahun tersebut, adalah dengan memantau penampilan para pemain di kompetisi.

"Kami selalu memantau semua pemain di kompetisi Indonesia," kata Joko.

"Pelatih juga selalu melihat perkembangan yang ada. Yang di luar tentu selalu dinamis," sambungnya.

2 dari 2

Susun Kerangka Tim

Lebih lanjut, Joko pun menyebut bahwa tim pelatih Timnas Indonesia tak asal memanggil pemain. Pasalnya, alih-alih menyusun tim untuk menjalani pertandingan per pertandingan, mereka saat ini sedang berupaya menyusun kerangka tim Skuat Garuda. Kerangka tim ini akan digunakan ketika mereka bermain pra kualifikasi Piala Asia.

"Kami menyusun kerangka tim ini. Jadi, nggak mungkin komposisi tim sampai dirombak total," ucap Joko.

"Kami hanya berupaya mencari komposisi terbaik untuk tim ini. Jadi, masuk dan keluarnya pemain adalah hal yang biasa," ia menandaskan.