FOLLOW US:


Iwan Bule Berharap Timnas Indonesia U-23 Ikuti Jejak Timnas Senior dan Timnas Wanita

13-10-2021 21:13

 | Serafin Unus Pasi

Iwan Bule Berharap Timnas Indonesia U-23 Ikuti Jejak Timnas Senior dan Timnas Wanita
Selebrasi pemain Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021, Kadek Agung, usai membobol gawang Tira Persikabo dalam laga uji coba di Stadion Madya, Jumat (5/3/2021) © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala AFC 2023 diharapkan bisa memotivasi Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti prestasi serupa. Skuad Garuda Muda bakal mengikuti babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 di Tajikistan pada 27 Oktober hingga 2 November 2021.

Pada babak kualifikasi tersebut, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup G bersama China, Australia, dan Brunei Darussalam. Namun, China dan Brunei Darussalam memilih menarik diri dari persaingan.

Dengan demikian, Grup G tinggal menyisakan Indonesia dan Australia. Skuad Garuda Muda diharapkan bisa menyingkirkan Australia untuk lolos ke putaran final Piala AFC U-23 yang akan digelar di Uzbekistan pada tahun depan.

"Setelah Timnas Wanita Indonesia lolos ke putaran final di India tahun depan dan Timnas Indonesia senior lolos ke Kualifikasi Piala AFC 2023, kini saatnya Timnas Indonesia U-23 untuk berprestasi," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, disadur dari laman PSSI.

"Saya yakin saat ini dengan gabungan pemain yang berlaga di Thailand (babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023), dan tambahan yang berangkat dari Jakarta akan menambah kekuatan tim,’’ katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2

Pesan Iwan Bule untuk Timnas Indonesia U-23

Meski lawan Timnas Indonesia U-23 pada babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 tinggal Australia, Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan meminta agar para pemain jangan lengah. Ramai Rumakiek dan kawan-kawan juga diminta untuk selalu menjaga kekompakan.

Di sisi lain, Iwan Bule juga mengapresiasi kinerja pelatih Shin Tae-yong yang berhasil meloloskan Timnas Indonesia dari babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023. Di bawah asuhan juru taktik asal Korea Selatan itu, ia menilai banyak kemajuan yang ditunjukkan pasukan Merah Putih.

‘’Saya lihat pemain sudah kompak. Fisik pemain juga terlihat untuk bermain 2x45 menit tanpa kendur sedikitpun," katanya.

"Itu kemajuan luar biasa soal fisik. Memang Shin Tae-yong menggenjot fisik dengan keras. Hasilnya Anda bisa lihat. Pemain bisa tampil spartan," tambah mantan Kapolda Metro Jaya ini.

2 dari 2

4 Pemain Batal Bergabung

Adapun untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada laga kontra Australia, Shin Tae-yong telah memanggil 33 pemain. Beberapa dari mereka juga baru saja memperkuat timnas senior di babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 kontra Taiwan.

Dari 33 pemain yang dipanggil, beberapa pemain disebut batal bergabung, seperti Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Rachmat Irianto. Shin Tae-yong memutuskan untuk mengembalikan mereka ke klubnya masing-masing.

Selain itu, Saddil Ramdani juga dipastikan batal bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-23. Pemain Sabah FC itu urung merapat karena sedang mengalami cedera.

(Bola.net/Fitri Apriani)