Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama Berpeluang Perkuat Timnas Indonesia Hadapai Curacao

Ari Prayoga | 4 Agustus 2022 13:31
Trio naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Trio pemain naturalisasi, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama bisa jadi sudah bakal memenuhi syarat untu membela Timnas Indonesia pada laga melawan Curacao September 2022 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa berkas naturalisasi ketiga pemain tersebut kini sudah berada di DPR RI.

Mochamad Iriawan menyebut, bila berkas sudah berada di DPR maka proses naturalisasi bakal segera rampung. Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama juga diharapkan sudah bisa membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday September 2022.

"Soal naturalisasi senior, sudah di DPR tinggal nunggu reses baru kami ambil langkah selanjutnya. Saya kira kalau sudah di DPR tidak lama lagi dan saya harap pada FIFA Matchday nanti mereka bisa ikut bermain bersama Timnas Indonesia," kata Mochamad Iriawan.

1 dari 4 halaman

Lawan 2 Tim

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (c) Bola.com/Bagaskara La

Mochamad Iriawan juga menyebut, Timnas Indonesia akan menghadapi dua tim pada FIFA Matchday September 2022. Satu lawan adalah Curacao dan satunya masih dalam tahap pembahasan.

"Untuk FIFA Matchday ada tiga negara yang sudah jadi lawan tanding Indonesia, yaitu Curacao yang rankingnya bagus. Ada Hong Kong dan India juga," ucap Iriawan.

"Nantinya akan mengerucut ke dua negara saja. Sekarang masih komunikasi dan tawar menawar antara negara dua itu apakah India atau Hong Kong," ucap Iriawan.

2 dari 4 halaman

Hampir Batal

Para pemain merayakan gol Dimas Drajad pada laga Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) PSSI

Mochamad Iriawan sepekan sebelumnya mengonfirmasi kekhawatiran akan duel Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Matchday September 2022. Penyebabnya adalah karena mayoritas pemain Curacao belum melakukan vaksinasi COVID-19.

"Ada hal yang memang mereka belum vaksin semua. Namun, mungkin masih keburu atau tidak mereka melakukan vaksin," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan di Gianyar, Bali.

"Kami perlu komunikasikan dengan Pemerintah. Sebab, Pemerintah kita mempunyai aturan sendiri," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

3 dari 4 halaman

Main di GBLA?

Para penjual atribut seputar Timnas Indonesia U-19 mendapatkan berkah atas kehadiran suporter yang sudah diperbolehkan kembali ke stadion pada Piala AFF U-19 2022 (c) Bola.com/Zulfirdaus Harahap

Mochamad Iriawan juga mengatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung berpeluang menjadi kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Itu diungkapkan ketika melakukan inspeksi pada 22 Juli lalu.

"Setelah melihat GBLA, kami juga bisa mempertimbangkan untuk pertandingan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday," ujar Iriawan.

FIFA Matchday selanjutnya digelar pada 19-27 September 2022. Timnas Indonesia masih menunggu kepulangan pelatih Shin Tae-yong yang saat ini sedang cuti di Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Tentang Curacao

Perayaan gol Witan Sulaeman dan Pratama Arhan pada laga Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) PSSI

Curacao adalah tim yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONCACAF). Saat ini, tim berjulukan La Familia Azul itu menghuni peringkat 84 ranking FIFA.

Itu sudah sesuai dengan misi PSSI yang ingin mencarikan lawan buat Timnas Indonesia. Syaratnya adalah lawan harus berada di 100 besar ranking FIFA.

Timnas Curacao diasuh oleh pelatih Belanda, Art Langeler. Sepanjang 2022, Curacao sudah melakoni empat pertandingan dengan meraih sekali kemenangan dan tiga kekalahan.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus Harahap, Rizki Hidayat) 4 Agustus 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR