FOLLOW US:


Masih Ada Waktu, Menpora Menaruh Harapan Kepada Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

09-06-2021 19:35

 | Serafin Unus Pasi

Masih Ada Waktu, Menpora Menaruh Harapan Kepada Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia
Menpora RI, Zainudin Amali © Kemenpora

Bola.net - Kepercayaan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum luntur. Kendati, skuad Garuda dibantai Vietnam 0-4 pada partai lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirates Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Kepercayaan itu tak luntur karena meski belum bisa membawa Timnas Indonesia menang, Shin Tae-yong sudah mulai membenahi beberapa aspek tim. Seperti kedisiplinan, mental, hingga pola makan.

Nah, sebelum dibantai Vietnam, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Thailand, Kamis (3/6). Hasil yang lumayan bagus buat skuad Garuda yang sudah menelan lima kekalahan beruntun dari Malaysia (2-3, 0-2), Thailand (0-3), UEA (0-5), dan Vietnam (1-3).

Namun ketika itu, pelatihnya bukanlah Shin Tae-yong. Lima kekalahan tersebut diterima Timnas Indonesia saat dipegang Simon McMenemy."Saya tetap menaruh harapan kepada pelatih Shin Tae-yong, karena banyak hal dibuat dari tim kita dan juga banyak hal dibenahi. Ini masih ada waktu," ujar Menpora.

Pada laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan UEA. Duel kedua negara bakal berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Timnas Indonesia Tak Punya Peluang

Sementara itu, enam kekalahan dan satu kali hasil imbang membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke fase selanjutnya tertutup. Saat ini, skuad Garuda menjadi juru kunci Grup G dengan mengantungi satu poin.

Menpora pun tahu tentang itu. Oleh karenanya, ia meminta Shin Tae-yong mempersiapkan tim untuk SEA Games 2021 di Vietnam yang akan digelar akhir tahun ini.

"Bagi saya, karena kita sudah tidak ada harapan lolos, maka kita mempersiapkan mereka ke SEA Games 2021," imbuh Menpora.

(Bola.net/Fitri Apriani)