Menengok Timnas Kamboja, Calon Lawan Timnas Indonesia: Semenjana di Piala AFF

Serafin Unus Pasi | 7 Desember 2021 20:58
Pemain Timnas Kamboja, Chan Vathanaka, melewati barisan pertahanan Timnas Malaysia (c) Instagram @vathanaka_cv11

Bola.net - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Kamboja pada laga perdana mereka di Grup B Piala AFF 2020. Laga ini akan dihelat di Bishan Stadium, Kamis (09/12) malam WIB.

Bagi Skuad Garuda laga lusa bakal menjadi pertandingan pertama mereka pada Piala AFF edisi 2020 ini. Sementara, bagi Kamboja, laga kontra Timnas Indonesia bakal menjadi yang kedua bagi mereka.

Timnas Kamboja telah melakoni laga perdana mereka pada ajang ini dengan menghadapi Timnas Malaysia. Dalam laga yang dihelat di Bishan Stadium, Senin (06/12) malam, mereka kalah dengan skor 1-3.

Bagi Kamboja, kekalahan ini seakan menjadi sebuah pertanda bahwa mereka masih belum bisa lolos dari fase grup. Memang, dalam tujuh penampilan mereka di turnamen ini, Kamboja belum pernah sekali pun bisa lolos dari fase grup.

Bagaimana perjalanan Kamboja sepanjang turnamen Piala AFF? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Piala Tiger 1996

Sama seperti Indonesia, Kamboja merupakan salah satu peserta Piala AFF sejak pertama kali turnamen tersebut digelar. Pada gelaran tersebut, Kamboja gagal lolos dari fase grup.

Pada ajang yang waktu itu masih bernama Piala Tiger tersebut, Kamboja berada di Grup A. Mereka berada satu grup dengan Indonesia, Vietnam, Myanmar, dan Laos.

Dari empat laga yang dijalaninya, Kamboja selalu menelan kekalahan. Mereka hanya mencetak satu gol dan kebobolan 12 gol pada ajang tersebut.

2 dari 7 halaman

Piala Tiger 2000

Setelah tak lolos pada Piala Tiger 1998, Kamboja lolos ke putaran final Piala Tiger 2000. Namun, sama seperti pada edisi 1996, pada gelaran kali ini pun mereka gagal lolos dari fase grup.

Pada ajang yang dihelat di Thailand ini, Kamboja berada di Grup B. Mereka satu grup dengan Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Dari empat laga yang mereka lakoni, Kamboja meraih sekali kemenangan dan tiga kali kekalahan. Satu-satunya kemenangan mereka pada laga tersebut didapat pada laga kontra Laos.

3 dari 7 halaman

Piala Tiger 2002

Pada Piala Tiger 2002, Kamboja kembali lolos ke putaran final. Kali ini, mereka bergabung di Grup A bersama Vietnam, Indonesia, Myanmar, dan Filipina.

Lagi-lagi, langkah Kamboja terhenti pada fase grup. Mereka mengakhiri fase ini di posisi empat dengan koleksi empat angka, hasil satu kemenangan dan tiga kali kalah. Satu-satunya kemenangan Kamboja pada laga ini mereka dapat dalam pertandingan kontra Filipina.

4 dari 7 halaman

Piala Tiger 2004

Dua tahun berselang, Kamboja kembali lolos ke putaran final Piala Tiger. Pada ajang Piala Tiger 2004, mereka tergabung di Grup A bersama Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Laos.

Kamboja mengakhiri langkah mereka di turnamen ini dengan gagal lolos dari fase grup. Pada Grup A yang dihelat di Vietnam tersebut, mereka menjadi juru kunci. Mereka tak mendapat satu poin pun dari empat laga yang dilakoni.

5 dari 7 halaman

Piala AFF 2008

Tak lolos ke putaran final Piala AFF 2007, Kamboja kembali tampil pada putaran final Piala AFF setahun berselan. Pada ajang AFF 2008, mereka tergabung di Grup A bersama Singapura, Indonesia, dan Myanmar.

Pada ajang ini, mereka kembali gagal lolos dari fase grup. Kamboja berada di dasar klasemen Grup A. Mereka tak mendapat satu poin pun dari tiga laga yang dilakoni. Pada ajang ini, mereka mencetak dua gol dan kebobolan 12 gol.

6 dari 7 halaman

Piala AFF 2016

Absen pada tiga gelaran Piala AFF, Kamboja akhirnya kembali lolos ke putaran final turnamen tersebut pada 2016. Kali ini, mereka tergabung di Grup B bersama Myanmar, Malaysia, dan Vietnam.

Pada ajang ini, Kamboja kembali menjadi bulan-bulanan. Mereka dipastikan lolos dari fase grup setelah tak sekali pun meraih kemenangan dalam tiga pertandingan mereka pada Grup B. Dari tiga laga yang dilakoni, Kamboja mencetak empat gol dan kebobolan delapan gol.

7 dari 7 halaman

Piala AFF 2018

Pada Piala AFF 2018, Kamboja kembali lolos ke putaran final. Kali ini, mereka tergabung di Grup A bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Pada ajang ini, Kamboja tetap gagal lolos dari fase grup. Mereka berada di peringkat keempat dari lima grup yang ada di Grup A. Kamboja mengoleksi tiga poin dari satu kemenangan dan tiga kekalahan. Pada ajang ini, Kamboja mencetak empat gol dan kebobolan sembilan gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR