FOLLOW US:


Pembelaan Eks Kiper Timnas Indonesia untuk Wawan Hendrawan

12-10-2019 01:07

 | Dimas Ardi Prasetya

Pembelaan Eks Kiper Timnas Indonesia untuk Wawan Hendrawan
Kiper Bali United, Wawan Hendrawan, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Eks kiper Timnas Indonesia I Komang Putra melontarkan dukungannya kepada Wawan Hendrawan setelah ia dituding sebagai penyebab kekalahan skuat Merah Putih saat jumpa Uni Emirat Arab (UEA).

Skuat Indonesia bertamu ke markas UEA di ketiga penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Di laga yang dihelat di Stadion Al Maktoum, Kamis malam (10/10/2019) itu, skuat Merah Putih dipermak 5-0 oleh sang tuan rumah.

UEA menjebol gawang Tim Garuda melalui gol-gol Khalil Ibrahim Al Hammadi, Ali Ahmed Mabhkout (3 gol), dan Tariq Ahmed. Sayangnya bagi Wawan, laga ini adalah laga debutnya bersama timnas Indonesia.

Usai pertandingan banyak netizen yang menyalahkan kiper Bali United tersebut. Ia dianggap melakukan blunder, khususnya untuk gol pertama yang diciptakan oleh UEA.

1 dari 2

Pembelaan untuk Wawan

Mantan kiper Timnas Indonesia di Piala Asia 2000, I Komang Putra, turut mengomentari kekalahan daru UEA. Ia juga bicara mengenai debut Wawan Hendrawan. Komang Putra tak setuju jika penyebab kekalahan dari UEA ditujukan kepada Wawan Hendrawan.

"Pasti ada pertimbangan khusus pelatih Simon memainkan Wawan. Mungkin karena di Liga 1 bersama Bali United sedikit kebobolan, tidak ada salahnya dicoba. Tapi, tidak tahu juga mengapa bisa banyak kebobolan," tuturnya kepada Bola.com, Jumat (11/10/2019).

Pria yang saat ini menjabat pelatih kiper PSIS Semarang ini menilai kualitas ketiga penjaga gawang Timnas Indonesia tak perlu dipertanyakan. Tidak hanya Wawan Hendrawan, namun juga Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho, punya potensi besar sebagai pemain timnas.

”Pengaruhnya tetap di mental, di klub dan saat main di timnas jelas beda. Saat kebobolan banyak, tidak bisa hanya kiper yang paling disalahkan, dilihat dulu dari mana. Proses terjadinya gol seperti apa," seru Komang Putra.

2 dari 2

Kans Ridho

Kans Ridho
Muhammad Ridho © Bola.com/Aditya Wany

Pria berusia 47 itu berharap penjaga gawang lain di Timnas Indonesia, yakni Muhammad Ridho, bisa diberikan kesempatan bermain. Kesempatan itu bisa diberikan kepadanya di laga berikutnya yang akan dilakoni skuat Garuda.

Setelah bermain lawan UEA, Timnas Indonesia akan melakoni partai keempat melawan Vietnam. Laga ini rencananya akan dihelat di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019).

"Kalau saya pribadi perlu mencoba Ridho melawan Vietnam. Dia juga harus mendapatkan kesempatan dan jam terbang. Peluang untuk lolos juga cukup berat, tapi ya semua tergantung pelatih Simon McMenemy," pungkas I Komang Putra.

Saat ini Timnas Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Wawan Hendrawan dkk belum mengoleksi satu poin poin dari tiga pertandingan.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Vincentius Atmaja/Editor Aning Jati
Published: 11 Oktober 2019