FOLLOW US:


Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand Versi Simon McMenemy

10-09-2019 23:43

 | Dimas Ardi Prasetya

Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand Versi Simon McMenemy
Simon Mcmenemy © Fitri Apriani

Bola.net - Timnas Indonesia gagal mengamankan tiga poin dari Thailand pada partai kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019) malam WIB, skuat Garuda kalah telak 0-3.

Tiga gol kemenangan Thailand semuanya tercipta pada babak kedua. Dua di antaranya via Supachok Sarachat (55', 73'), dan satu lagi lewat tendangan penalti Theerathon Bunmathan (65').

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengatakan, timnya memulai pertandingan dengan bagus. Namun, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan pada paruh kedua.

"Pertama-tama kita mulai dengan mental yang sangat bagus ya. Kita percaya babak pertama kita bermain sangat baik, tapi di awal pertandingan kita ubah sedikit. Kita bermain agak sedikit lebih defensif, memperkuat lini tengah supaya mereka tidak banyak bisa bermain disitu," ujar Simon

"Terus pada babak kedua mungkin kesalahan sendiri yang membuat kita kalah. Mungkin juga ada tiga sampai empat kesalahan individu yang kita buat. Frustasi memang, cuma di level internasional kita tidak bisa membuat kesalahan, kesalahan kecil bisa sangat menyakitkan."

"Babak pertama tapi kita luar biasa ya bagus. Mungkin di antara kedua tim, tim kita lebih banyak mendapatkan peluang. Terus tadi juga ada tiga sampai empat peluang yang kita tidak bisa cetak gol. Frustasi memang, susah diterima, tetapi kita harus move on, melangkah kedepan," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Komentar Irfan Bachdim

Sepemahaman dengan Simon, pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim melontarkan kondisi yang sama. Dia menyatakan bila rekan-rekannya sudah bermain maksimal.

"Setuju dengan pelatih, babak pertama kita main bagus, kita lawan tim yang sulit, dan punya pengalaman. Saya rasa tim sudah berusaha, bermain lebih defensif memang, tetapi kita tadi berhasil menciptakan beberapa peluang dari serangan balik," tutur pemain Bali United ini.

"Terus saya tidak mau menyalahkan pemain secara individu, tetapi mungkin tadi kurang fokus, gak mau menyalahkan siapapun. Kita lawan tim yang berpengalaman, kita tahu mereka akan datang dan menyerang kita, makanya tadi seperti kata pelatih kita frustasi. Tapi kita harus realistis, kita tadi masuk lapangan sebagai underdog. Tetapi tadi kita memberikan semua yang kita bisa, saya tetap percaya dengan tim," imbuh Bachdim.

Dengan kekalahan tersebut, Timnas Indonesia kini menempati posisi buncit klasemen sementara Grup G dengan nihil poin. Di laga berikutnya, skuat Garuda akan bertandang ke kandang Uni Emirate Arab (UEA) pada 10 Oktober mendatang.

(Bola.net/Fitri Apriani)