Piala AFF 2020: Rapor Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam, Ridho dan Fachrudin Tangguh!

Dimas Ardi Prasetya | 15 Desember 2021 22:36
Duel antara para pemain bertahan Timnas Indonesia dan para penyerang Vietnam (c) Dok. AFF Suzuki Cup

Bola.net - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Pertandingan ini berlangsung sangat berat bagi Timnas Indonesia. Sebab Vietnam menggempur pertahanan skuat Garuda.

Vietnam yang berstatus juara bertahan tampil menekan pertahanan Timnas Indonesia. Tampak jelas mereka punya skuat yang lebih tangguh. Merah Putih memilih tampil bertahan di laga ini.

Pelatih Shin Tae-yong memasang 5 pemain belakang. Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho dan Pratama Arhan. Dia mengantisipasi permainan agresif Vietnam sejak menit awal. Memang benar, Vietnam mendominasi permainan. Indonesia dibuat sibuk bertahan.

Sayangnya, saat dapat bola, Indonesia juga kesulitan menyusun serangan. Mereka kekurangan pemain bernaluri menyerang. Hanya Ezra Walian yang tersisa di lini depan. Dua sayap yang selama ini tampil impresif, Witan Sulaeman dan Irfan Jaya lebih sibuk mengejar bola dari kaki pemain Vietnam.

Ball possesion di babak pertama lebih dari 70 persen dikuasai Vietnam. Tapi setidaknya gawang Indonesia yang dikawal Nadeao Argawinata tak kebobolan. Karena lini serang Vietnam juga kesulitan menghadapi banyaknya pemain bertahan Indonesia.

Babak kedua, Shin Tae-yong mengganti Rachmat Irianto dengan Evan Dimas. Bisa dibaca jika Indonesia mulai bosan bertahan. Mereka juga ingin memberikan serangan balik yang lebih terskema. Karena Evan punya karakter lebih menyerang dan bisa memainkan tempo.

Tentu ada risiko yang harus diambil dengan perubahan ini. Serangan Vietnam terlihat lebih tajam. Mereka mulai banyak melepaskan shooting. Indonesia mulai memberikan perlawanan. Tapi peluang yang didapat paling bagus mentok di tendangan sudut. Sementara Vietnam total punya 21 shooting tapi hanya satu yang on target.

Berikut rapor pemain Timnas Indonesia saat menahan Vietnam.

1 dari 3 halaman

Kiper dan Bek

Kiper

Nadeo Argawinata: 6,5

Sebenarnya Nadeo tak disiapkan jadi starter di laga ini. Namun Ernando Ari mengalami cedera saat pemanasan. Aksi Nadeo lumayan. Dia terbantu formasi 5 pemain belakang.

Belakang

Asnawi Mangkualam: 6,5

Staminanya tampak terkuras di laga ini. Bukan karena sering melakukan overlap. Tapi lantaran banyak mengejar pemain sayap Vietnam. Babak kedua, saat Indonesia mulai berani memberi perlawanan, justru Asnawi kehabisan bensin. Bola lemah pun tak bisa dikontrol lagi. Sehingga dia diganti pertengahan babak kedua.

Alfeandra Dewangga: 7

Pemain kidal ini terpilih sebagai man of the match di laga ini. Dia tak hanya jatuh bangun menghentikan serangan Vietnam. Tapi beberapa kali memberikan umpan jauh sebagai awal serangan balik.

Fachruddin Ariyanto: 7

Dia jadi pemain paling senior di laga ini. Namun Fachruddin tetap kokoh berduel dengan striker Vietnam yang usianya lebih muda. Beberapa kali dia sukses melakukan blok.

Rizky Ridho: 7

Sama seperti pemain belakang lain, Rizky tampil apik. Markingnya membuat pemain Vietnam tak bisa leluasan didalam kotak penalti. Bek Persebaya ini sempat melakukan menghentikan shooting striker Vietnam didalam kotak penalti.

Pratama Arhan: 6,5

Areanya memang beberapa kali ditembus sayap Vietnam. Tapi Arhan tetap berusaha bertanggung jawab mengganggu crossing lawan. Sepanjang permainan, dia tak sempat naik kedepan dan disiplin mengawal daerahnya.

2 dari 3 halaman

Tengah dan Striker

Tengah

Witan Sulaeman: 6

Posisi bermainnya sedikit ditarik sebagai sayap murni di laga ini. Bukan lagi penyerang sayap. Tapi sepanjang laga, dia lebih banyak berada di daerah sendiri. Witan pun kelelahan memburu bola dari kaki lawan. Dia mengalami cedera menit 78 dan tak sanggup melanjutkan pertandingan.

Ricky Kambuaya: 6

Aksi individunya tak banyak terlihat. Sama seperti gelandang lainnya, dia lebih sibuk memburu bola. Ricky tak berhasil menghidupkan lini tengah seperti biasanya.

Rachmat Irianto: 6

Gelandang petarung ini bekerja lumayan keras di babak pertama. Namun dia tak banyak mendapatkan bola karena lini tengah Vietnam lebih mendominasi. Rachmat ditarik keluar dibabak kedua agar lini tengah Indonesia bisa mengalirkan serangan.

Irfan Jaya: 6

Akselerasinya di sayap kiri jarang terlihat. Karena Irfan lebih banyak berada di daerah sendiri. Saat dapat bola, dia masih kesulitan membagi bola lantaran minim suport dari rekan-rekannya.

Depan

Ezra Walian: 6,5

Dia tak punya peluang di laga ini. Suplai bola yang didapatnya juga sangat minim. Tapi bukan berarti striker Persib ini tak bekerja dalam laga ini. Ezra terlihat paling berani berduel dengan pemain Vietnam.

3 dari 3 halaman

Pengganti

Evan Dimas: 6

Masuk dibabak kedua, Evan sempat membuat lini tengah Indonesia bisa sejenak memainkan bola. Tapi situasi ini tak berlangsung lama. Vietnam tetap banyak menekan. Hanya sesekali Evan bisa mengalirkan bola kedepan.

Rizky Dwi: 6

Bek Arema FC ini menggantikan peran penting Asnawi di bek kanan. Rizky tampil lumayan apik. Dia sempat naik kedepan saat Indonesia dapat momen melakukan serangan.

Ramai Rumakiek: 5,5

Tak banyak kesempatan yang didapat Ramai. Beberapa kali dia sempat dapat momen serangan balik. Tapi umpannya tak menemui sasaran.

Yabes Roni: 5,5

Pemain paling akhir yang dimasukkan Shin Tae-yong. Yabes hanya sesekali dapat kesempatan membawa bola. Tapi dia tak bisa membuat momen berbahaya di daerah Vietnam.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Iwan Setiawan/Editor Gregah Nurikhsani
Published: 15/12/2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR