FOLLOW US:


Prestasi Membanggakan Timnas Pelajar U-15 di IBER Cup Bukti Bisa Bersaing di Eropa

10-07-2019 13:59
Prestasi Membanggakan Timnas Pelajar U-15 di IBER Cup Bukti Bisa Bersaing di Eropa
Timnas Pelajar u-15 usai mengikuti turnamen IBER Cup 2019 © dok: Kemenpora

Bola.net - Prestasi membanggakan Timnas Pelajar U-15 yang meraih posisi ketiga pada IBER Cup 2019 di Estoril Portugal mendapatkan apresiasi. Keberhasilan tim yang dilatih eks timnas Indonesia, Aples Tecuari ini merupakan bukti bahwa pemain-pemain Indonesia bisa bersaing di kancah Eropa.

Garuda Muda hasil kompetisi liga berjenjang Piala Menpora U-14 tahun 2018 tersebut meraih posisi ketiga pada kejuaraan yang diikuti oleh seluruh negara di dunia itu, terlebih Eropa.

Menurut Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta yang didampingi oleh Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Kabid Olahraga Pendidikan Menengah Ary Moelyadi serta Kabag Humas, Hukum dan Sisinfo Agus Lesmana, mengatakan hasil yang didapat oleh tim yang di manajeri oleh Ray Gutafson Manurung itu sungguh luar biasa.

"Hasil peringkat tiga yang diraih oleh Timnas Pelajar U-15 Kemenpora ini sangat luar biasa, pasalnya turnamen ini merupakan event yang cukup bergengsi di Eropa. Terlebih, ini merupakan capaian tertinggi dari sekian banyaknya Indonesia mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi di level Eropa," kata raden Isnanta usai menyambut kedatangan pemain Timnas Pelajar U-15 di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (09/7), seperti dilansir Liputan6.com.

IBER Cup 2019 diikuti oleh tim-tim Eropa yang akademi persepakbolaannya cukup kuat baik skill maupun kemampuan yang lain. Hasil ini membuat Indonesia bisa mengikuti kejuaraan yang sama dengan level yang lebih tinggi, yakni level Elite.

"Dengan tercatat sebagai semifinalis, maka tim ini berhak mengikuti jenjang kompetisi diatasnya yakni di level Elite yang diisi oleh akademi-akademi top dunia seperti Paris Saint Germain, Barcelona, Manchester United dan lainnya, sehingga artinya jika sudah disejajarkan dengan itu menjadi sebuah kebanggaan," katanya.

Kedepannya, lanjut pria asal Kulon Progo itu, pihaknya ingin lebih mengoptimalkan pembinaan liga berjenjang ini, karena merupakan sebuah jawaban dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Kita harus sejajar dengan level persepakbolaan Eropa, karena target besar kita adalah membangun persepakbolaan Indonesia untuk mampu masuk ke Olimpiade serta Piala Dunia yang dimulai dari generasi muda seperti di level U-15 ini," ujarnya soal Timnas Pelajar U-15.

Scroll terus ke bawah.