FOLLOW US:


PSSI Belum Tentukan Pengganti Bima Sakti

26-11-2018 17:24

 | Bima Sakti

PSSI Belum Tentukan Pengganti Bima Sakti
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, memberikan instruksi saat melawan Filipina pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/11). Kedua negara bermain imbang 0-0. © Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia sudah menyelesaikan kiprahnya di Piala AFF 2018. Hasilnya, tim berjuluk Skuat Garuda itu menempati peringkat keempat klasemen akhir penyisihan Grup B.

Itu berarti Timnas Indonesia gagal lolos ke babak semifinal. Skuat Garuda kalah bersaing dengan Thailand dan Filipina.

Kegagalan di Piala AFF membuat kiprah Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia turut berakhir. PSSI hanya mengikatnya hingga turnamen dwi tahunan itu selesai.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Gusti Randa mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi hingga 7 Desember mendatang. Dalam masa itu, semua komponen dalam Timnas Indonesia akan dipelajari mendalam.

"Jadi tentu tidak bisa karena masalah suka atau tidak suka. Tapi harus dari semua faktor yang disertai referensi menyangkut Timnas Indonesia. Ini terkait negara juga," ujar Gusti.

Oleh karena itu, PSSI meminta publik bersabar. Federasi sepak bola di Tanah Air pun berancang-ancang untuk mencari pelatih baru untuk Timnas Indonesia.

"Tapi kalau dikatakan apakah evaluasi itu bermuara dengan penggantian pelatih, bisa dikatakan iya. Kira-kira begitu," tutur Gusti.

Namun, sekali lagi Gusti menjelaskan jika PSSI tidak bisa instan mengganti pelatih dan menentukan penggantinya. Semua butuh pertimbangan matang.

"Kami harus lihat proyeksi di 2019. Apa saja kalender FIFA, minimal pertandingan internasional untuk meningkatkan peringkat. Itu akan dipadukan dengan siapa nanti pelatih yang dikontrak," imbuhnya.