FOLLOW US:


PSSI Tak Bisa Nilai Performa Indra Sjafri

11-11-2017 02:18

 | Indra Sjafri

PSSI Tak Bisa Nilai Performa Indra Sjafri
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri © PSSI

Bola.net -
Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha mengatakan, PSSI tak bisa begitu saja menilai Indra Sjafri gagal atau tidak. Sebab, perlu ada evaluasi terlebih dahulu sebelum keputusan akhir dikeluarkan.
 
Setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih tim nasional U-19 Indonesia pada awal tahun 2017, Indra membawa timnya berlaga di dua turnamen internasional. Pertama diajang Piala AFF U-18 dan yang kedua di kualifikasi Piala Asia U-19.
 
Akan tetapi, Indra gagal membawa pasukan Garuda Nusantara (julukan timnas U-19) meraih hasil maksimal di dua ajang tersebut. Di Piala AFF U-18, timnas U-19 hanya menempati peringkat ketiga, sementara di Kualifikasi Piala Asia U-19, mereka hanya bisa finis di posisi tiga klasemen Grup F.
 
"Kami tidak bisa menyimpulkan sesuatu sebelum ada evaluasi. Kami tidak bisa mengambil keputusan satu pihak karena ini sepakbola," ujar Tisha di Kantor PSSI di Jakarta, Jumat (10/11/2017) malam.
 
"Alirannya itu fair play yang artinya tidak keputusan sepihak. Jadi tidak mungkin PSSI tidak mendengarkan evaluasi dari orang yang akan kami evaluasi, lalu kami sudah mengambil keputusan," tambahnya.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

 
Sebelumnya, akibat kegagalan tersebut Indra disebut-sebut tak akan diperpanjang kontraknya oleh PSSI. Kontrak kerja pelatih berusia 54 tahun itu sendiri akan berakhir pada bulan Desember 2017.
 
Kemudian, Tisha membeberkan apa sebenarnya target yang dibebankan pada timnas U-19. Dikatakannya, target utama bukan berorientasi pada hasil namun pada pengembangan pola permainan.
 
"Target coach itu untuk khusus pembinaan usia muda U-16, U-19, dan U-22 adalah pola permainan. Perkembangan permainan proses anak-anak, bukan hasil. Itu patokan target kami," tutup Tisha. (fit/dim)