FOLLOW US:


PSSI Tetap Harus Sewa Lapangan Latihan di Kompleks GBK

17-06-2020 23:25

 | Dimas Ardi Prasetya

PSSI Tetap Harus Sewa Lapangan Latihan di Kompleks GBK
Stadion Utama Gelora Bung Karno © PSSI

Bola.net - Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPK-GBK) menegaskan tidak bisa memberi fasilitas gratis buat Timnas Indonesia. Mulai tempat latihan, sampai stadion utama.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Utama PPK-GBK, Winarto, Rabu (17/6/2020). Pihaknya tak bisa memberi gratis lantaran terikat dengan Peraturan Menteri Keuangan RI, nomor 38/PMK.05/2018.

Isi peraturan itu tentang tarif layanan badan umum PPK-GBK di Kementerian Sekretariat Negara. Oleh sebab itu, sulit untuk PPK-GBK memberi fasilitas gratis bagi PSSI, sekalipun itu buat Timnas Indonesia.

"Jangankan PSSI, kementerian saja kalau memakai fasilitas GBK harus membayar sesuai Peraturan Menteri Keuangan. Misalnya Kemendikbud memakai Istora Senayan itu harus membayar sesuai tarif yang ada," ujar Winarto, dilansir dari Antara.

Winarto menuturkan memang ada celah untuk memakai fasilitas GBK secara gratis. Tapi, itu hanya untuk atlet nasional yang namanya tercatat dalam SK Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Celah itu diatur dalam Pasal 9 Peraturan Menkeu Nomor 38/PMK.05/2018. Di sana disebutkan "Terhadap kegiatan pemusatan latihan nasional dengan rekomendasi dari Kemenpora, Direktur Utama PPKGBK dapat mengenakan tarif layangan sampai Rp0,00, sebagai dimaksud dalam Pasal 2."

"Jadi harus ada SK yang di dalamnya terdapat nama-nama atlet, pelatih, dan ofisial. Kalau sudah ditetapkan oleh Kemenpora bisa gratis karena akan mewakili negera," kata Winarto.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Pemeliharaan

Mengenai kualitas, Winarto menegaskan bahwa saat ini semua lapangan di kawasan GBK sudah dapat dipakai. Termasuk lapangan ABC yang sering dipakai Timnas Indonesia berlatih.

"Lapangan telah direnovasi dan sudah bagus lagi," tutur Winarto.

"Itulah gunanya membayar sewa, supaya kami bisa menjaga kualitasnya," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)