FOLLOW US:


PSSI Tidak Mau Gegabah dalam Menunjuk Pelatih Baru Timnas Indonesia

26-11-2018 18:51

 | Bima Sakti

PSSI Tidak Mau Gegabah dalam Menunjuk Pelatih Baru Timnas Indonesia
Gusti Randa (ketiga dari kanan) © Fitri Apriani

Bola.net - PSSI belajar dari pengalaman kala menunjuk Bima Sakti sebagai pengganti Luis Milla untuk menangani Timnas Indonesia. Skuat Garuda pun gagal total di Piala AFF 2018.

PSSI segera menggelar evaluasi, termasuk posisi pelatih Timnas Indonesia. Posisi Bima pun telah lengser karena kontrak arsitek berusia 42 tahun itu hanya untuk Piala AFF 2018.

Bima adalah rencana kedua PSSI setelah gagal memperpanjang kontrak Luis Milla Aspas. Lantaran keterburu-buruan ini, PSSI tidak ingin kejadian instan tersebut terulang kembali.

"Keinginan kami adalah kehausan kemenangan negara ini harus terjadi, yang kadang-kadang melakukan langkah instan. Anda pernah dengar dahulu soal naturalisasi, itu mau diambil? Atau kaya Filipina, (tunjuk) Sven-Goran Eriksson, lalu dua kenegaraan pemainnya," ujar Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Gusti Randa.

Gusti ingin pelatih Timnas Indonesia nantinya mendapatkan kontrak jangka panjang. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Milla hanya satu setengah tahun membesut Hansamu Yama dan kawan-kawan.

"Sehingga masalah pelatihnya itu prioritas menurut saya, ke depan tak boleh gitu, kalau bisa pelatih itu jangan cuma tiga bulan atau satu paket turnamen. kalau bisa panjang berproses. Ya kami dapat pelajaran penting dari Luis Milla," imbuh pria berusia 53 tahun ini.