SEA Games 2021: Pelatih Timor Leste Bangga dengan Pemainnya Meski Dihajar Timnas Indonesia U-23

Gia Yuda Pradana | 11 Mei 2022 13:24
Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timor Leste di Grup A SEA Games 2021 (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 menghajar Timor Leste di Grup A SEA Games 2021. Tim besutan Shin Tae-yong menang telak 4-1 atas anak-anak asuh Fabio Magrao tersebut.

Meski demikian, Fabio Magrao tetap mengapresiasi kinerja pemainnya. Menurut dia, para pemain Timor Leste sudah menunjukkan penampilan yang membanggakan.

Pada laga yang digelar di Stadion Viet Tri tersebut, Selasa (10/5/2022), gawang Timor Leste secara bergantian dibobol oleh Egy Maulana Vikri (16'), Witan Sulaeman (52', 77'), dan Fachruddin Aryanto (59'). Gol hiburan Timor Leste dicetak Mouzinho pada menit ke-69.

"Ini merupakan pertandingan yang sulit untuk kami. Para pemain saya bersiap dengan baik untuk pertandingan, akan tetapi Indonesia menjadi tim yang lebih baik," kata Fabio Magrao.

"Kami kalah dari Indonesia, akan tetapi saya puas dengan sikap dan cara bermain. Saya tidak bangga dengan hasilnya karena sangat telak, namun bangga dengan penampilan anak-anak asuh," ucap pelatih asal Brasil itu.

Kekalahan ini membuat Timor Leste terpuruk di dasar klasemen sementara Grup A SEA Games 2021. Adapun Timnas Indonesia U-23 tetap di urutan keempat dengan jumlah tiga poin.

1 dari 3 halaman

Angkat Koper

Evan Dimas, Shin Tae-yong, Fabio Magrao, Filomeno Junior di preskon Timnas Indonesia vs Timor Leste (c) PSSI

Perjalanan Timor Leste di SEA Games 2021 dipastikan berakhir. Vonis itu diterima setelah pasukan Fabio Magrao dibantai takluk dari Timnas Indonesia U-23 dengan skor 1-4 pada laga lanjutan Grup A, Selasa (10/5/2022).

Timor Leste menjadi tim pertama yang angkat koper di SEA Games 2021 setelah menelan tiga kekalahan secara beruntun. Namun, Timor Leste masih akan menjalani satu laga sisa melawan Vietnam (15/5/2022).

Laga ini memang sudah tak punya pengaruh apapun buat Timor Leste. Meski demikian, laga ini jadi kesempatan sebagai obat pelipur lara untuk menyudahi SEA Games 2021 dengan hasil positif.

2 dari 3 halaman

Kurang Pemain

Timnas Timor Leste (c) Dok. Kemenpora

Pelatih Fabio Magrao mengaku timnya tidak diperkuat pemain berkualitas pada SEA Games 2021. Penyebabnya adalah mereka kekurangan sumber daya pemain karena minimnya kesempatan berkompetisi secara lokal.

"Dibandingkan dengan Vietnam atau Indonesia, kami memiliki terlalu sedikit peluang untuk menemukan pemain berbakat. Dalam tiga tahun terakhir, pemain Timor Leste belum banyak bermain di turnamen," ucap Fabio Magrao.

"Vietnam memiliki V League, Indonesia memiliki Liga 1. Timor Leste hanya memiliki turnamen amatir sehingga menjadi sebuah kerugian," ucap pelatih asal Brasil itu.

3 dari 3 halaman

Klasemen Sementara

Timnas Indonesia U-23 merayakan gol Egy Maulana Vikri (tengah) ke gawang Timor Leste, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Myanmar menjadi tim pemuncak klasemen sementara SEA Games 2021. Myanmar sukses mengumpulkan enam poin dari dua laga.

Adapun posisi kedua dihuni Filipina dengan jumlah empat poin. Filipina unggul selisih gol dari Vietnam yang punya poin sama dan berada di bawahnya.

Timnas Indonesia U-23 mengumpulkan tiga poin dan menghuni peringkat keempat. Situasi ini membuat perburuan dua tiket ke semifinal SEA Games 2021 pada Grup A semakin sengit.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Yus Mei Sawitri, 11 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR