Setelah Pratama Arhan, Tokyo Verdy Ingin Merekrut Pemain-pemain Lain dari Indonesia

Gia Yuda Pradana | 26 Maret 2022 23:01
Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan (c) Bola.com/Maheswara Putra

Bola.net - Pratama Arhan sepertinya takkan menjadi pemain Indonesia terakhir di Tokyo Verdy. Klub Jepang itu punya keinginan untuk merekrut pemain-pemain lain dari Indonesia.

Rencananya, pihak klub akan berburu pemain secara langsung ke Indonesia pada November 2022. Rencana itu diungkapkan oleh Direktur Sepak Bola Tokyo Verdy, Atsuhiko Ejiri. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak pemain potensial dan berkualitas seperti Pratama Arhan.

"Adanya perekrutan Arhan asal Indonesia ke Tokyo Verdy membuat kami memiliki keinginan untuk merekrut pemain lain dari Indonesia ke depannya," kata Atsuhiko Ejiri.

1 dari 3 halaman

Lihat Kondisi Pandemi

Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Keberhasilan rencana kedatangan Tokyo Verdy akan ditentukan situasi pandemi COVID-19. Atsuhiko Ejiri juga menyebut pihaknya siap menjalin kerja sama strategi dengan akademi dan klub di Indonesia.

"Apabila pandemi COVID-19 semakin menurun, kami ingin melakukan kunjungan ke Indonesia. Kami juga ingin melakukan kerja sama dengan klub-klub dan akandemi sepak bola yang ada di Indonesia," tegas pria yang sewaktu bermain menghabiskan kariernya di JEF United Chiba.

Pratama Arhan menjadi pemain Indonesia keempat yang berkarier di Jepang setelah Ricky Yacobi bersama Gamba Osaka, Stefano Lilipaly bersama Consodale Sapporo, dan Irfan Bachdim bersama Ventrofet Kofu serta Consodale Sapporo. Pemain 20 tahun itu diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun.

2 dari 3 halaman

Dipantau Sejak Agustus 2021

Pratama Arhan berpose dengan jersey Tokyo Verdy (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Atsuhiko Ejiri juga buka suara mengenai proses perekrutan Pratama Arhan yang dilakukannya. Tokyo Verdy ternyata sudah lama mengamati permainan Pratama Arhan.

Tokyo Verdy sudah memantau Pratama Arhan sejak Agustus 2021 ketika masih membela PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021/2022. Klub Jepang itu kemudian diyakinkan dengan penampilan gemilan Arhan saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Pratama Arhan ketika itu terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020. Penghargaan individu itu diraih Arhan berkat mencetak dua gol dan dua assist sekaligus membantu Timnas Indonesia menembus final.

"Beberapa bulan lalu dari Agustus kami telah melihat potensi Arhan ketika bermain di klub PSIS. Kami melihat permainan Arhan dan terus mengamatinya terutama permainan sepakbola," kata Atsuhiko Ejiri.

"Kami mendapatkan kesan, Arhan akan memberikan kontribusi yang baik buat kami. Kemudian sewaktu membela Timnas Indonesia di Piala AFF, kami sekali lagi juga melihat potensi pada Arhan. Kami berpikir Arhan dapat bergabung dengan Tokyo Verdy dan bermain dengan baik," ucap Atsuhiko Ejiri.

3 dari 3 halaman

Aura Positif

Selebrasi Pratama Arhan (c) Dok.PSSI

Selain kemampuan sepak bola, Atsuhiko Ejiri juga menyebut ada aspek lain yang jadi pertimbangan Tokyo Verdy dalam merekrut Pratama Arhan. Atsuhiko Ejiri menyebut, Arhan memiliki kepribadian yang baik karena selalu tersenyum di lapangan.

"Kami melihat aura Arhan yang penuh senyum dan menurut kami ketika wajah sering senyum itu sangat penting. Kami ingin dia berhasil setelah datang ke Jepang," ucap Atsuhiko Ejiri.

"Penting juga bagi Arhan memiliki kepribadian yang baik. Kami ingin membantu Arhan untuk berkembang karena dia masih muda yakni 20 tahun dan berharap bisa menjadi pemain perwakilan dari Indonesia dan pemain berbakat di Asia," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Aryo Atmaja, 26 Maret 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR