FOLLOW US:


Sosok Sven-Goran Eriksson di Mata Pelatih Timnas Indonesia

05-11-2018 18:09
Sosok Sven-Goran Eriksson di Mata Pelatih Timnas Indonesia
Sven-Goran Eriksson © AFP

Bola.net - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti Tukiman angkat bicara mengenai penunjukan Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih baru Timnas Filipina. Bima menyebut mantan pelatih Timnas Inggris merupakan pelatih yang hebat dalam meracik taktik.

Sekitar 25 tahun yang lalu, Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Kurnia Sandy, pernah berguru ke Sampdoria di Italia. Ketiganya berguru dan menimba pengalaman di Liga Primavera, kompetisi para pemain junior.

Kebetulan, pelatih kepala Sampdoria saat itu adalah Sven-Goran Eriksson. Dua puluh lima tahun kemudian, Bima cs. kini sejajar dengan Eriksson.

Bima akan beradu ilmu dengan Eriksson yang kini menangani Filipina. Keduanya bakal adu cerdik dalam memperebutkan dua tempat babak Grup B Piala AFF 2018.

Bima mengenal sosok Eriksson sebagai pribadi yang berwibawa. Pelatih asal Swedia itu juga dinilai jenius menerapkan taktik.

"Sangat kharismatik orangnya, tegas, kalau lihat cara mereka bermain seperti Sampdoria dulu waktu zaman kami bermain, dari 1993 - 1995, mereka sangat rapih organisasinya," ujar Bima.

"Kalau bisa dikatakan, sistem zaman dulu, kami tahu mereka sangat kompak waktu bertahan. Semua harus kami waspadai waktu lawan Filipina," katanya menambahkan.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina pada partai keempat atau pamungkas Grup B. Pertandingan itu bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 25 November mendatang.