FOLLOW US:


Timnas Indonesia U-16 Masuk Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16, Bima Sakti Waspada

10-05-2019 07:10
Timnas Indonesia U-16 Masuk Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16, Bima Sakti Waspada
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara pada babak kualifikasi Piala AFC U-16 2020 grup G zona timur. Hal itu berdasarkan undian yang digelar Federasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5/2019).

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman merespon hasil pembagian grup tersebut. Dia menilai, semua calon lawan timnya di grup G tidak bisa dianggap remeh.

“Melihat hasil pengundian ini, saya rasa grup ini kompetitif, semua lawan harus diwaspadai. Tidak akan ada kami meremehkan satu tim pun yang ada dalam grup ini, mereka semua memiliki kekuatan masing-masing. Saya hanya ingin fokus bagaimana membangun tim ini agar bisa bersaing di turnamen tersebut,” ujar Bima.

Khusus untuk grup G yang terdiri dari lima negara peserta, babak kualifikasi akan dimulai pada 14 September 2019. Timnas Indonesia U-16 pun ditunjuk oleh AFC sebagai tuan rumah.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Segera Gelar TC

Untuk mempersiapkan timnya, Bima akan segera menggelar pemusatan latihan (TC). TC tersebut bakal digelar di Sawangan, Depok, pada 13 Mei mendatang.

“Di TC itu kami akan menyeleksi sebanyak 45 pemain untuk tahap pertama. Nama-nama pemain akan diberitahukan lebih lanjut. Saat ini kami sedang mengumpulkan dan mempersiapkan nama-namanya terlebih dahulu," tutur pelatih berusia 43 tahun ini.

"Rata-rata mereka adalah pemain-pemain yang berasal dari kompetisi PSSI Elite Pro Academy U-16. Untuk pemain, saya mendapat informasi dan masukan dari pelatih-pelatih lain,” imbuhnya.

Selain tampil di babak kualifikasi Piala AFC U-16, pada tahun ini Timnas Indonesia U-16 juga akan bermain di Piala AFF U-16 yang akan berlangsung pada 27 Juli mendatang. Di turnamen tersebut, skuat Merah Putih tergabung di grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina.