Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam: Bisa Menang Besar?

Gia Yuda Pradana | 4 Juli 2022 08:59
Peluang yang didapat Hokky Caraka saat Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas Brunei Darussalam U-19 pada pertandingan kedua mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin 4 Juli 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, kick-off jam 20.00 WIB.

Pada pertandingan pertama, Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam. Sementara itu, Brunei dibantai Myanmar 0-7. Di pertandingan Grup A lainnya, Thailand menang tipis 1-0 atas Filipina.

Mengingat pentingnya selisih gol, anak-anak asuh Shin Tae-yong pun diharapkan bisa menang besar atas Brunei. Dengan beberapa perbaikan dari laga pertama, mereka diyakini mampu melakukannya.

1 dari 3 halaman

Sekilas dari Laga Pertama

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia U-19 di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Pada laga pertama melawan Vietnam, berdasarkan statistik lapangbola.com, Timnas Indonesia U-19 punya 54 persen ball possesion. Shots on target juga lebih banyak, yakni tiga kali.

Namun, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan gagal membobol gawang Vietnam. Chemistry di lini depan sepertinya masih perlu diasah.

Di laga itu, Shin Tae-yong mengandalkan duet Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka di lini depan. Kolaborasi kedua pemain ini belum maksimal.

2 dari 3 halaman

Harus Lebih Baik Lagi dalam Mengambil Keputusan

Aksi Ronaldo Kwateh pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Saat melawan Vietnam, Ronaldo bahkan dapat kritikan di media sosial. Pemain asal Madura United ini dinilai terlalu egois. Beberapa kali dia memilih mengeksekusi sendiri ketimbang membagi bola ke rekan yang punya posisi lebih bagus.

Ronaldo memang punya pengalaman lebih banyak ketimbang striker lain di Timnas Indonesia U-19. Alhasil, partnernya, Hokky Caraka yang kemudian digantikan striker muda Persija, Teuku Razzaa Fachrezi. Akan tetapi, tetap tak ada gol yang tercipta.

Jika tidak melakukan rotasi kepada Ronaldo, opsinya adalah mencari tandem yang sehati dengannya. Namun, Ronaldo juga harus lebih baik lagi dalam hal pengambilan keputusan.

Itu supaya kolaborasi di lini depan lebih terlihat. Saat lawan Brunei Darussalam nanti, lini depan seharusnya bisa berbuat lebih banyak. Sebab, kemampuan Brunei masih berada di bawah Indonesia.

3 dari 3 halaman

Optimalkan Kemampuan Marselino

Aksi pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan saat melawan Vietnam pada Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Di laga kontra Vietnam, ada sebuah peluang terbaik yang didapatkan pada babak kedua. Peluang itu bukan dari striker, melainkan tendangan gelandang Marselino Ferdinan. Tembakannya membuat kiper lawan mati langkah, tetapi bola masih menerpa mistar gawang.

Timnas Indonesia U-19 harus mengoptimalkan kelebihan Marselino saat melawan Brunei. Pemain asal Persebaya Surabaya ini tak hanya lihai mengatur permainan, tetapi juga punya tembakan keras terarah.

Dia beberapa kali mencetak gol lewat tendangan keras saat membela Persebaya di Liga 1 2021. Kemampuannya ini benar-benar dioptimalkan di laga nanti.

Disadur dari: Bola.com/Iwan Setiawan/Gregah Nurikhsani, 4 Juli 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR