Piala AFF U-19 2022: Apa Kata Shin Tae-yong Tentang Dukungan Membara Suporter Timnas Indonesia?

Gia Yuda Pradana | 3 Juli 2022 06:00
Piala AFF U-19 2022: Aksi suporter Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Vietnam (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 0-0 kontra Vietnam pada laga pertama mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu 2 Juli 2022. Atmosfer pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi ini terasa menyala dengan dukungan membara para suporter, khususnya Ultras Garuda.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong memang gagal menang, tapi ini bukan bencana. Langkah awal ini sudah terbilang cukup menjanjikan. Harapannya, mereka bisa meraih hasil lebih baik di pertandingan kedua melawan Brunei Darussalam.

Terlepas dari aksi para pemain di atas lapangan, aksi para suporter yang memadati tribune juga sangat menarik perhatian. Shin Tae-yong pun menanggapinya. Ada sisi positif dan negatif dalam pandangannya.

1 dari 3 halaman

Terima Kasih, tapi Mohon Jangan Ada Petasan Lagi

Ekspresi Shin Tae-yong saat menyaksikan Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/2022) malam WIB. (c) Bola.net/I

Shin Tae-yong berterima kasih kepada seluruh suporter yang hadir memberikan dukungan langsung kepada Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga. Akan tetapi, ia menyayangkan adanya petasan di menit-menit akhir pertandingan.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, selain mengurangi fokus pemain, ia mengingatkan sanksi FIFA karena adanya flare dan petasan pada laga tersebut

"Pertama-tama, memang saya berterima kasih kepada fans karena sudah mendukung kami, tetapi petasan di menit terakhir itu akan mengurangi fokus para pemain kami, jadi kami memohon agar tidak dilakukan lagi," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Apalagi, dari FIFA ada sanksi besar dan keras, jadi saya mohon untuk mengubah budaya dari fans sedikit demi sedikit agar tetap semangat memberikan dukungan pada kami," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Euforia Suporter di Mata Pemain

Piala AFF U-19 2022: Aksi suporter Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Berbeda dengan pelatihnya, Marselino Ferdinan cenderung bisa memaklumi euforia para suporter. Ia juga merasa kalau hal tersebut masih bisa membuatnya tetap fokus.

"Dari pemain, ada petasan atau flare, tidak terlalu mengganggu karena kita fokus di pertandingan," tutur Marselino.

"Kami tidak terlalu menggubris itu karena ada pihak-pihak yang bisa menenangkan fans yang menyalakan flare dan petasan itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Laga Pertama Biasanya Memang Sulit

Aksi pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan saat melawan Vietnam pada Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Shin Tae-yong juga mengatakan, pemain Timnas Indonesia U-19 sudah bekerja keras untuk membobol gawang Vietnam. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu memaklumi hasil pertandingan yang tanpa gol.

"Seperti apa yang dilihat suporter, para pemain kami memang sudah bekerja keras, begitu juga dengan pemain Vietnam," kata Shin Tae-yong.

"Oleh karena itu, memang banyak pemain mengalami kram pada laga ini. Laga pertama pada suatu turnamen biasanya sulit. Akan tetapi, performa pemain saya bisa katakan bagus," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.com/Gregah Nurikhsani, 3 Juli 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR