FOLLOW US:


'Timnas U-19 Bisa Lampaui Jepang'

30-11-2013 20:34

 | Indra Sjafri

'Timnas U-19 Bisa Lampaui Jepang'
Pelatih timnas U-19, Indra Sjafri beri kuliah umum di Unair. © Fafa Wahab
Bola.netBola.net - Optimisme tinggi dicanangkan pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri. Ia yakin pasukannya bisa menjadi tim hebat dan mampu menggusur Jepang sebagai raksasa sepakbola Asia saat ini.

Berbagai prestasi dicatatkan Timnas U-19. Setelah menjuarai AFF Youth Championship 2013, Evan Dimas Darmono cs menjadi juara Grup G kualifikasi AFC U-19 Championship 2014 di Myanmar. Salah satu kejutan adalah kala mereka menaklukkan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2.

Kekalahan atas Garuda Jaya, julukan Timnas U-19, membuat Korea penasaran dan ingin duel ulang dengan Indonesia. "Kata pelatih Korea, kami tunggu di Myanmar," ungkap Indra.

Menurut pelatih asal Padang ini, Timnas U-19 memiliki potensi untuk menguasai sepakbola Asia. "Kalau anak-anak fokus, jangankan Jepang, di atas Jepang pun kita kalahkan," ucap Indra ketika memberi kuliah umum di Kampus B Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (30/11) sore.

Indra menambahkan, kesuksesan Timnas U-19 bukan faktor dirinya seorang. Sebab, di belakangnya ada staf pelatih yang tak kalah besar perannya. Selain itu, Timnas U-19 juga memiliki materi pemain-pemain terbaik dari selusuh pelosok Indonesia.

"Kami tidak bekerja sendiri. Kami dibantu oleh orang-orang terbaik. Semua yang mengerjakan adalah orang ahli. Saya tidak mau kelola tim ini secara tradisional," jelas Indra. "Kalau Indonesia ingin hebat, carilah orang-orang hebat dan tepat," pungkasnya.