FOLLOW US:


Timnas U-19 Nikmati Gaya Bermain Pepepa

22-06-2017 18:28
Timnas U-19 Nikmati Gaya Bermain Pepepa
Timnas Indonesia U-19 © As'ad Arifin

Bola.net - Kendati belum lazim di sepakbola Indonesia, gaya bermain possession yang diterapkan Indra Sjafri tak membuat anak asuhnya kebingungan. Mereka mengaku senang dan menikmati gaya bermain yang biasa dikenal dengan nama pepepa tersebut.

Winger Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, menilai pola permainan yang diracik Indra ini sangat apik. Ia pun mengaku tak ada kesulitan harus bermain dalam pola pepepa. "Nggak ada masalah dengan permainan pepepa. Nggak ada kesulitan juga," ujar Egy.

Menurut pemain berusia 17 tahun tersebut, ia sudah familiar dengan permainan yang kerap disebut tiki-taka ala Indonesia ini. Egy menyebut, di Diklat Ragunan, tempatnya menimba ilmu, pola permainan seperti inilah yang diterapkan.

"Kita main bola-bola bawah dan umpan-umpan pendek. Hampir tak pernah kami pakai long pass," tuturnya.

Timnas U-19 sendiri sebelumnya identik dengan permainan pepepa. Permainan ini dipopulerkan Skuat Garuda Jaya, julukan Timnas U-19, pada ajang Piala AFF U-19 tersebut.

Berlawanan dengan kebiasaan bermain di sepakbola Indonesia, yang kerap mengandalkan umpan-umpan lambung dari lini belakang ke barisan penyerang, pepepa mengandalkan umpan-umpan pendek. Pepepa sendiri merupakan singkatan pendek-pendek-panjang, yang merupakan cara penggawa Timnas U-19 mengalirkan bola.

Sementara itu, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri menegaskan tak bakal mengubah ciri khas permainan timnya. Pelatih berusia 54 tahun ini menyebut Timnas U-19 tetap akan memainkan possession game.

"Kami akan memainkan sepakbola menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola dan operan," papar Indra.

Apakah Timnas U-19 bakal kembali mengandalkan pepepa? Indra mengaku belum bisa memastikan. Pasalnya, pelatih asal Sumatra Barat ini menyebut harus melihat komposisi yang ia miliki.

"Namun, secara garis besar, kekuatan kita saat ini tak jauh beda dengan yang lalu," tandasnya.