FOLLOW US:


Witan Sulaeman Dikontrak Klub Serbia, FK Radnik Surdulica

12-02-2020 10:53

 | Gia Yuda Pradana

Witan Sulaeman Dikontrak Klub Serbia, FK Radnik Surdulica
Witan Sulaeman © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Impian Witan Sulaeman untuk meniti karier di Eropa bakal jadi kenyataan. Gelandang berusia 18 tahun ini segera diresmikan oleh klub Serbia, FK Radnik Surdulica.

Radnik Surdulica adalah kontestan Super Liga Serbia atau kompetisi kasta teratas di sana. Saat ini, pasukan asuhan pelatih Simo Krunic itu menduduki posisi ke-13 dari 16 tim peserta.

"Witan Sulaeman akan membela Radnik Surdulica di kasta utama kompetisi Serbia," ujar Dusan Bogdanovic, agen yang menaungi Witan Sulaeman.

Di Radnik Surdulica, Witan Sulaeman disodori kontrak relatif panjang. Pemain Timnas Indonesia U-19 ini rencananya akan diikat selama 3,5 tahun.

"Saya memang melihat potensi pemain Indonesia untuk menembus kompetisi di Eropa," kata Dusan, yang juga berstatus agen dari pemain Indonesia lain di Eropa, Egy Maulana Vikri.

1 dari 3

Pesan Menpora Zainudin Amali

Pesan Menpora Zainudin Amali
Zainudin Amali © Liputan6.com/Angga Yuniar

Sebelum berangkat ke Serbia, Witan Sulaeman lebih dulu menghadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Ia mendapatkan nasihat agar betah di negeri orang.

"Pak Zainudin berpesan kepada saya untuk selalu fokus dalam berkarier dan juga membuat latihan tambahan untuk ke depannya," tutur Witan Sularman.

"Saya juga diberi tahu oleh Pak Zainudin untuk jangan cepat memikirkan untuk pulang kampung ke Indonesia," imbuhnya.

Witan Sulaeman direncanakan akan terbang ke Serbia pada Selasa malam WIB (11/2/2020) untuk menandatangani kontrak bersama Radnik Surdulica.

2 dari 3

Persiapan Piala Dunia U-20 2021

Persiapan Piala Dunia U-20 2021
Witan Sulaeman © Fitri Apriani

Terselip klausul kontrak pada kesepakatan antara Witan Sulaeman dengan klub Serbia, FK Radnik Surdulica.

Gelandang asal Palu, Sulawesi Tengah, ini merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Saat sudah bergabung dengan Radnik Surdulica, Witan masih dapat pulang ke Tanah Air jika negara membutuhkannya sewaktu-waktu.

"Dalam kontrak, saya juga sudah meminta kepada klub pada saat persiapan Piala Dunia U-20 2021, ketika pemusatan latihan, Witan Sulaeman harus diizinkan pulang," kata Dusan Bogdanovic, agen Witan.

Witan telah mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia U-19 untuk mengikuti pemusatan latihan (training centre) di Chiang Mai, Thailand, pada Januari lalu bersama 27 pemain lainnya.

Diyakini, Witan Suleman akan menjadi bagian penting pasukan asuhan pelatih manajer Shin Tae-yong dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 karena kualitas dan pengalamannya.

3 dari 3

Harus Bermain di Piala Dunia U-20 2021

Harus Bermain di Piala Dunia U-20 2021
Timnas Indonesia U-19 © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Witan Sulaeman merupakan lulusan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan, Jakarta Selatan, yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Itulah mengapa, ia mendapatkan dukungan besar untuk bisa bermain di Piala Dunia U-20 2021.

"Saya menerima Witan Sulaeman dan agennya, Dusan Bogdanovic, untuk berpamitan bermain ke Eropa. Saya kira ini suatu hal positif dan membanggakan buat kami bahwa ada pemain kami lagi yang bermain di sana," ujar Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Saya juga berpesan kepada dia harus tetap fokus untuk Piala Dunia U-20 2021 sehingga harus profesional di sana menjaga kondisinya. Jangan sampai dia tidak bisa bermain di Piala Dunia U-20 2021. Kami senang dan bangga terhadap Witan," imbuh Zainudin.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/EditorAning Jati

Published: 11 Februari 2020