FOLLOW US:


Cita-cita Emery: Bantu Arsenal Jadi Salah Satu Tim Terbaik di Eropa

29-05-2019 05:04

 | Unai Emery

Cita-cita Emery: Bantu Arsenal Jadi Salah Satu Tim Terbaik di Eropa
Ekspresi Unai Emery saat Arsenal dihajar Wolves © AP Photo

Bola.net - Harapan Unai Emery di Arsenal terbilang muluk, walaupun tidak mustahil untuk diwujudkan. Pelatih asal Spanyol tersebut bertekad melampaui kesuksesan pelatih The Gunners sebelumnya, Arsene Wenger, dan membawa Arsenal masuk dalam 10 tim terbaik.

Torehan Wenger bersama Arsenal bisa dibilang luar biasa. Total 17 gelar dari berbagai ajang berhasil ia persembahkan kepada klub asal London tersebut. Ia adalah sosok terlama yang pernah menduduki kursi kepelatihan Arsenal, 22 tahun.

Pada musim kemarin, pria asal Prancis itu dituding sebagai biang keterpurukan Arsenal yang hanya mampu finis di peringkat enam klasemen Premier League. Pencapaian buruk itu lalu sedikit diperbaiki oleh Emery di musim ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Cita-cita Emery

Jika melihat hasil akhir Premier League musim ini, Emery mungkin belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Arsenal hanya mampu finis di peringkat lima dengan keadaan tertinggal satu poin dari penghuni posisi empat, Tottenham.

Tapi, perbedaan yang mencolok terlihat di kompetisi Eropa. Pelatih asal Spanyol tersebut berhasil mengantar The Gunners mencapai final Liga Europa musim ini. Itu adalah final pertama Arsenal dalam kurun waktu 13 tahun terakhir.

Pencapaian itu didapatkan pada musim perdananya di Emirates Stadium. Tapi Emery tampaknya belum puas. Ia ingin melampaui torehan Wenger selama ini dan mengubah Arsenal menjadi salah satu tim terbaik di Eropa.

"Arsenal di masa lalu, sekarang, dan masa depan akan menjadi salah satu dari 10 tim terbaik di dunia. Target kami adalah mencapai itu," tutur Emery seperti yang dikutip dari Goal International.

2 dari 2

Pegang Dua Target

Laga final ini, dengan Chelsea sebagai lawannya, punya makna penting bagi Arsenal. Tidak hanya mengakhiri musim perdana Emery dengan manis, tapi kemenangan juga akan membuat mereka dapat tiket bermain di Liga Champions musim depan.

"Kami akan melaksanakan dua target sekaligus besok, untuk memenangkan gelar dan bermain di Liga Champions," tambah mantan pelatih PSG tersebut.

"Di atas itu semua, adalah menikmati permainan dan tampil dengan semangat yang bagus. Kompetisi ini telah berkembang pesat, ada banyak tim besar yang turut serta," tandasnya.

Pertandingan puncak tersebut akan digelar pada hari Kamis (30/5) mendatang dan bertempat di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Pada laga kali ini, The Gunners dipastikan takkan diperkuat oleh Henrikh Mkhitaryan yang menolak tampil karena masalah negara.