FOLLOW US:


Eksperimen 4-4-2 Arsenal Manjur, Bakal Diterapkan di EPL Gak Nih Arteta?

27-11-2020 09:00

 | Richard Andreas

Eksperimen 4-4-2 Arsenal Manjur, Bakal Diterapkan di EPL Gak Nih Arteta?
Pemain Arsenal, Nicolas Pepe (kiri) turut merayakan gol yang dicetak Folarin Balogun (kanan) dalam laga lanjutan fase grup Liga Europa hari Jumat (27/11/2020). © AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta berksperimen dengan formasi Arsenal dalam kunjungan ke markas Molde (3-0), Jumat (27/11/2020). Arteta menerapkan formasi 4-4-2, yang kali ini terbukti berhasil.

Bicara formasi, musim ini Arteta memang masih terus mengutak-atik Arsenal, mencari yang terbaik. Formasi paling aman Arsenal sejauh ini adalah 3-4-3, tapi Arteta pun mulai sering menurunkan 4-3-3.

Masalahnya, formasi 4-3-3 itu belum berjalan sesuai harapan. Lini tengah Arsenal mati tidak bisa menciptakan peluang, lini serang terisolasi, dan pertahanan tampak lebih rapuh.

Kini ada opsi lain 4-4-2 yang terbukti ampuh di Liga Europa. Arsenal menghajar Molde 3-0 dan memastikan langkah ke putaran berikutnya.

Mungkinkah formasi ini dibawa ke Premier League, Arteta?

1 dari 2

Tergantung banyak hal

Arteta mengakui permainan Arsenal tadi tampak memuaskan, khususnya aksi pemain-pemain muda. Lini tengah tampak stabil, lini depan pun bisa mendapatkan suplai bola.

Meski begitu, bukan berarti dia bisa langsung menerapkan formasi yang sama di Premier League nanti.

"Ini tergantung pada pemain-pemain yang tersedia dan beberapa hal lainnya, untuk memastikan bahwa kami bisa mengontrol pertandingan lebih baik dari laga ini," kata Arteta di laman resmi Arsenal.

"Ada banyak hal positif, kami tampak mengancam lawan sepanjang laga, tapi tentu ada beberapa masalah yang harus diperbaiki."

2 dari 2

Butuh waktu

Arteta pun tak mau terburu-buru menentukan pakem permainan Arsenal. Sampai sekarang dia masih mencari yang terbaik, dan bakal butuh waktu sampai benar-benar menemukannya.

"Ini bakal butuh waktu, dan kami pun mengubah tim besar-besaran untuk laga ini," sambung Arteta.

"Kami memainkan banyak pemain muda dan saya sangat puas dengan performa dan karakter yang mereka tunjukkan di lapangan."

"Secara mental, pemain muda selalu menghadapi tantangan karena tuntutannya begitu tinggi, tekanannya tinggi untuk bermain di sini, dan Anda harus mencapai level tinggi itu untuk jadi pemain Arsenal," tandasnya.

Sumber: Arsenal