FOLLOW US:


Sergio Ramos Gagal Eksekusi 2 Penalti, Apa Kata Luis Enrique?

15-11-2020 07:59

 | Asad Arifin

Sergio Ramos Gagal Eksekusi 2 Penalti, Apa Kata Luis Enrique?
Sergio Ramos beradu fisik dengan Breel Embolo, duel Swiss vs Spanyol, UEFA Nations League 2020. © AP Photo

Bola.net - Sebuah momen janggal terjadi pada laga UEFA Nations League A Grup 4. Sebab, Sergio Ramos yang selama ini dikenal jago dalam eksekusi penalti justru gagal pada dua tendangan beruntun untuk timnas Spanyol.

Spanyol berjumpa dengan Swiss. Pada laga yang digelar di St Jakop Park, Minggu (15/11/2020) dini hari WIB, kedua tim harus puas dengan skor imbang 1-1.

Swiss unggul lebih dulu dari gol Remo Frueler pada menit ke-26. Spanyol sendiri nyaris kalah andai Gerard Moreno tidak mencetak gol satu menit sebelum waktu normal usai.

Spanyol sebenarnya punya begitu banyak peluang. Dua di antaranya datang dari eksekusi penalti, pada menit ke-57 dan 80. Akan tetapi, eksekusi penalti Sergio Ramos gagal di tangan Yann Sommer.

1 dari 2

Apa Respon Luis Enrique?

Sergio Ramos punya catatan penalti yang impresif di level klub. Pemain 34 tahun tak pernah gagal pada 25 penalti beruntun. Namun, sebuah anomali terjadi di laga kontra Swiss. Dua penaltinya gagal menjadi gol.

"Sergio Ramos punya rekor penalti yang bagus dan dia berada di sana dengan yang terbaik," buka Luis Enrique dikutip dari Goal International.

"Akan sangat tidak tidak adil untuk mencopot Sergio Ramos dari daftar penendang penalti karena dia gagal pada satu, dua, atau tiga penalti," sambung mantan pelatih Barcelona.

Sergio Ramos melepaskan tujuh shots di laga melawan Swiss, sama dengan jumlah shots semua pemain Swiss. Artinya, Ramos punya begitu banyak peluang tetapi gagal mengkonversinya menjadi sebuah gol.

"Jika ada penalti lain, Ramos tetapi akan mengambilnya. Jika dia gagal dua penalti lalu mencopotnya dari tugas itu, maka itu menjadi lelucon," kata Luis Enrique.

2 dari 2

Rekor Buruk Spanyol di Laga Tandang

Terlepas dari kegagalan penalti Sergio Ramos, Luis Enrique patut cemas dengan hasil imbang lawan Swiss. Sebab, performa La Roja tidak cukup bagus. Mereka gagal menang pada tiga laga terakhir. Dua imbang dan sekali kalah.

Lebih jauh lagi, Spanyol tak pernah menang pada tujuh laga tandang terakhirnya. Spanyol enam kali bermain imbang dan sekali kalah. Spanyol pun tak pernah mencetak lebih dari satu gol.

Kali terakhir Spanyol menang di laga tandang terjadi pada Kualifikasi Euro 2020, 6 September 2019, lebih dari satu tahun lalu. Saat itu, Spanyol menang dengan skor 1-2 di kandang Rumania.

Sumber: Goal International