Larangan Nobar Euro 2012 Untuk Kaum Wanita Iran

11-06-2012 09:49
Larangan Nobar Euro 2012 Untuk Kaum Wanita Iran
Seorang wanita gibol di Iran AFP

Bola.net - Frasa nonton bareng sangat populer karena selama Juni dan Juli ini perhatian orang di seluruh jagat sedang tertuju ke pertandingan sepak bola memperebutkan Piala Eropa 2012 yang diselenggarakan di Polandia-Ukraina. Para perempuan di Iran dilarang nobar 'secara serentak, bersamaan' pertandingan Euro 2012 di area publik yang ramai, khususnya jika berbaur dengan kaum lelaki.

Kepolisian Iran menganggap acara nonton bareng tidak pantas buat para perempuan karena situasi tersebut akan mengundang ke perilaku tidak pantas.

"Itu situasi yang tidak pantas ketika kaum lelaki dan perempuan menyajsikan secara bersamaan di sebuah bioskop." ucap Wakapol Bahman Kargar, seperti yang dilansir dari AFP.

"Para pria ketika menonton sepakbola kadang terlalu bersemangat terbawa sensasi yang terkadang akan melontarkan ucapan vulgar dan gurauan tidak sopan." sambung Bahman Kargar yang biasa mengurusi masalah sosial di Iran.

Aturan 'ketat' itu dikeluarkan semata-mata untuk melindungi kaum perempuan karena di negara Iran, sepakbola adalah olahraga populer, laga-laga antar 16 negara pada ajang Euro 2012 disiarkan langsung oleh stasiun televisi pemerintah.

"Mereka (perempuan) seharusnya berterima kasih," lanjutnya.

Sejak Piala Dunia 2010 dan piala Asia 2011, acara nonton bareng di bioskop cukup ngetrend di Iran. (afp/opw)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bolatainment

- - -