Bontang FC

21-12-2009 17:56

Bola.net - Bontang FC adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Bontang, Kalimantan Timur. Stadion kandang mereka bernama Mulawarman. Bontang FC terkenal sebagai klub yang paling sukses di Kalimantan. Mereka sukses menjadi semifinalis di Liga Indonesia I Dunhill pada musim 1994/1995 dan finalis Liga Indonesia musim 1999/2000.

Klub ini pertama kali didirikan oleh PT Pupuk Kaltim dengan nama PS Pupuk Kaltim Galatama pada tanggal 18 Juni 1988. Setelah itu berganti nama lagi menjadi Pupuk Kaltim, PKT Bontang dan PS Bontang PKT (Persatuan Sepakbola Bontang Pupuk Kalimantan Timur) pada tahun 2002. Akhirnya pada 12 Juni 2009, Bontang PKT resmi mengganti namanya menjadi Bontang FC. Hal ini terjadi seiring perpindahan kepemilikan dari PT Pupuk Kaltim ke Pemerintah Kota Bontang.

Bontang FC mencatatkan prestasi sebagai salah satu klub yang belum pernah terdegradasi dari divisi teratas Liga Indonesia (termasuk ketika dulunya masih bernama Divisi Utama). Mereka juga berhasil tampil di Piala Winners Asia dan menjadi satu-satunya klub asal Kalimantan yang berhasil tampil di ajang internasional itu.

Banyak suporter pendukung klub ini memiliki julukan sebagai Mandau Mania. Mandau adalah jenis pedang yang digunakan oleh suku Dayak yang banyak menempati Kalimantan. Selain itu ada beberapa kelompok suporter lain seperti Sintuk Mania, The Valcon, dan Bontang Suporter Damai (BSD).

Setelah melalui serangkaian pertemua yang dimulai sejak akhir Januari 2008, pada 25 Februari 2008 tercapai kesepakatan dibentuknya sebuah organisasi suporter yang baru dengan nama Bontang Mania. Organisasi ini merupakan leburan tiga elemen suporter terdahulu, yakni The Valcon, Sintuk Mania, dan BSD.

Data:
Nama lengkap: Bontang Football Club.
Julukan: Laskar Bukit Tursina, Laskar Khatulistiwa.
Didirikan: 18 Juni 1988.
Stadion: Stadion Mulawarman (kapasitas: 12.000).
Ketua Umum: dr.H.A. Sofyan Hasdam, Sp.S.
Manajer: dr. Andi Satya Adi Saputra.
Pelatih: Fachry Husaini.
Kostum: Hijau-hijau (kandang), Biru tua-biru tua (tandang).

Pemain:
Kiper: Prasetyo, Indra, Andrea Esposito.
Pemain belakang: Iqbal Samad, Anda Hermawan, Jaime Antonio Sandroval, Vitali Kaleshin, Moses Dario Aldonado Ovelar, Irsyad Aras.
Pemain tengah: Ali Khadafi, Robert Gaspar, Carlos Gammara, Utaka, Javier Rocha, Satria Feri, Firman Utina, Fajar Lestyantoro, Sardianata.
Pemain depan: Jose Francisco Cevallos, Francisco Aldo Barreto Miranda, Elie Aiboy, Franco Hitta, Emmanuele Serge. (wik/bola)


Update Terbaru


PROFIL KLUB LAINNYA