Celta Vigo

01-08-2006 16:08


Bola.net - Celta de Vigo merupakan tim sepakbola Spanyol dari Vigo di Galicia yang berdiri pada 28 Maret 1923, dari persatuan Sporting Vigo dan Fortuna Vigo.

Celta de Vigo memiliki nama panggilan Celtiñas, yang bermain dengan kostum biru dan celana putih. Memiliki stadion 'tuan rumah', Balaídos, yang mampu menampung kapasitas 31.800 orang penonton.

Celta de Vigo telah berkali-kali bermain di Divisi Satu Spanyol (Liga Spanyol), tapi mereka belum pernah sekalipun jadi juara liga. Musim kompetisi terbaik bagi tim ini adalah tahun 1970-1971, ketika mereka berjaya dan tak pernah terkalahkan di kandang sendiri, bahkan dengan prestasi mereka, Celta jadi dikenal sebagai 'pembunuh raksasa'.

Mereka mampu mengakhiri musim kompetisi saat itu di tempat keenam dengan score sama dengan Atletic Bilbao yang menduduki posisi ke kelima. Ini sekaligus menyimpulkan bahwa tim ini memenuhi syarat untuk mengikuti UEFA Cup untuk musim kompetisi berikutnya.

Sayangnya, mereka kalah telak oleh Aberdeen di babak pertama, hingga tidak mampu membalas dari kekalahan 2-0 di kandang sendiri.

Beberapa tahun lalu (1997-2001) tim ini telah tumbuh secara hebat dan Celta de Vigo menjadi penantang sejati untuk liga Primera División (Divisi Satu), puncaknya pada 2000-2001 ketika mereka berada di posisi keenam.

Celta memiliki juga memiliki cerita dramatis di musim kompetisi 2003-2004. Di musim kompetisi sebelumnya, mereka mengantongi posisi keempat di La Liga, dan sekaligus menempatkan mereka sebagai tim yang lolos Liga Champions.

Celta memasuki fase-demi-fase, dan akhirnya masuk putaran 16, dan sekaligus menjadi posisi terakhir mereka setelah dikalahkan oleh Arsenal.

Malapetaka hadir dalam rumah tangga mereka dan mereka mengakhiri di La Liga berikutnya, dan harus serius di Segunda División (Devisi Dua). Celta kembali ke La Liga di kesempatan pertama, setelah kali kedua berada di Segunda División pada 2004-2005.

Pada musim 2008-2009, Celta Vigo bermain di Segunda Division.

Nama Lengkap: Real Club Celta de Vigo S.A.D

Julukan: Celtiñas, Celtistas, Celestes

Tahun berdiri: 1923

Stadion: Estadio Balaidos, Vigo Vigo, Galicia, Spanyol

Kapasitas: 31,800

Presiden: Carlos Mouriño

Pelatih: Pepe Murcia

Pemain

Kiper: Ismael Falcón, Antonio Notario,

Belakang: Juan Manuel Peña, Rubén, Fernando Fajardo, Fabiano Lima, Edu Moya, Richi

Tengah: Roberto Lago, Borja Oubiña, Ariel Rosada, Óscar Díaz, Francisco Noguerol, Jonathan Vila, Michu, Dani Abalo, Renan Fernandes

Penyerang: Kamel Ghilas, David Rodríguez, Roberto Trashorras, Danilo, George Lucas, Māris Verpakovskis, Dinei (dar/zul)


.


Update Terbaru


PROFIL KLUB LAINNYA