Denmark

09-06-2010 20:38


Denmark
(c)afp
Denmark (c)afp

Bola.net - Denmark lolos kali pertama ke putaran final Piala Dunia pada edisi 1986 di Meksiko. Pelatih Denmark Sepp Piontek berjasa besar atas catatan tersebut. Generasi tersebut melahirkan julukan “Tim Dinamit”.

Di Piala Dunia 1986, Denmark sukses menghantam Skotlandia, Uruguay, dan Jerman (Barat) yang saat itu finish sebagai runner-up di penyisihan grup. Sayang, kecemerlangan itu terhenti di babak kedua saat Denmark dilibas Spanyol 1-5.

Setelah itu, Denmark lolos ke Piala Dunia 1998 dan 2002. Pada 2002, mereka menyamai catatan perjalanan di edisi 1986. Catatan terbaik mereka torehkan di Piala Dunia 1998 kala melaju hingga perempat final.

Kali ini Denmark siap melangkah lebih jauh di Piala Dunia. Mereka lolos meyakinkan dengan menjadi juara grup 1 kualifikasi zona Eropa. Tim Dinamit menyisihkan tim favorit lain seperti Portugal.

Kelebihan Denmark adalah kolektivitas di lini tengah yang membuat lawan sulit leluasa melancarkan strateginya. Denmark punya banyak pilihan ketika merangsek ke wilayah pertahanan lawan. Dengan strategi serangan dari sayap kanan dan kiri, arah serangan bisa muncul dari sektor mana saja.

Selama kualifikasi, skuad Morten Olsen mampu memproduksi 16 gol dan kemasukan lima gol. Itu setidaknya menunjukkan keseimbangan serangan dan pertahanan yang mereka miliki.

Tapi, dari skuad yang ada, kelemahan Denmark adalah posisi penyerang utama. Tak banyak pilihan yang dimiliki Olsen. John Dahl Tomasson, penampilannya macet di angka 51 gol, kurang satu dari rekor 52 gol di timnas Denmark. Sejak Februari 2008, Tomasson tak lagi mempersembahkan gol di timnas. (bola/bola)


.

Berita Terkait