Honduras

09-06-2010 21:30

Bola.net - Honduras lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 secara dramatis. Mereka tertolong hasil Amerika Serikat yang menahan seri Kosta Rika 2-2 di laga pamungkas kualifikasi Zona CONCACAF. Poin Honduras sama dengan Kosta Rika, l6 angka. Namun, Honduras lolos dengan selisih gol lebih bagus.

Perjuangan panjang Honduras berbuah manis. Setelah menanti selama 28 tahun, Honduras akhirnya kembali merasakan atmosfer putaran final Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1982, Honduras yang berstatus tim debutan membuat kejutan dengan menahan seri tuan rumah Spanyol 1-1 pada laga perdana grup. Pada laga kedua, giliran Irlandia Utara yang ditahan seri dengan skor sama. Tapi di laga ketiga, Los Catrachos, sebutan timnas Honduras, menyerah 0-1 di tangan Yugoslavia. Honduras gagal melaju ke babak berikutnya.

Sampai saat ini, Honduras memang belum banyak bicara di level dunia.Tapi di zona CONCACAF, prestasi Honduras cukup mengkilap. Pada 1981, Los Catrachos menjadi jawara Piala CONCACAF.

Tahun 1993 dan 1995, Honduras menjadi juara di ajang turnamen regional antar negara lainnya, UNCAF Nations.

Di Piala Dunia 2010, kekuatan Honduras berada pada kombinasi antara pemain-pemain yang berkiprah di kompetisi Eropa dengan pemain yang berlaga di kompetisi lokal. (bola/bola)


Update Terbaru